Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Sunday, June 22, 2008

OpenBravo ERP

by: Agung B Santosa (agung_bs@yahoo.com)

OpenBravo merupakan salah satu turunan Compiere yang cukup terkenal dan layak diperhitungkan. Hal ini dikarenakan Openbravo sedikit berbeda dengan Compiere maupun ADempiere, dimana OpenBravo menggunakan User Interface berbasis Web.
Sehingga bagi anda yang menghendaki menggunakan aplikasi sekelas Compiere yang Full Web Base, OpenBravo layak untuk dipertimbangkan.

Seperti halnya Compiere dan Adempiere, instalasi OpenBravo cukup mudah, bagi anda yang sudah bisa menginstall Compiere dan atau ADempiere tidak akan menemui kesulitan untuk menginstall OpenBravo.

Untuk dapat menginstal OpenBravo, anda cukup mengikuti beberapa langkah yang akan saya coba terangkan dibawah ini, apabil semua proses instalasi berhasil dengan baik maka anda segera bisa mencoba kemampuan OpenBravo di komputer anda.

Persiapan

1. Anda harus menyiapkan komputer dengan Spec: Pentium 4 dengan memory minimal 512MB
2. Download JDK1.5 di http://java.sun.com/javase/downloads/index_jdk5.jsp
3. Download PostgreSQL versi terbaru di http://www.postgresql.org/
4. Download Apache tomcat di http://tomcat.apache.org/download-55.cgi
5. Download Apache Ant di http://ant.apache.org/bindownload.cgi
6. Download OpenBravo 2.3.5 di di http://www.openbravo.com/

Langkah Instalasi

1. Install JDK 1.5 di komputer anda, Catat nama folder tempat anda menginstallnya

2. Setting Environtment sebagai berikut:
- Tambahkan path instalasi JDK / JRE anda sebagai berikut(disesuaikan dengan letak folder instalasi anda) : C:\\Program Files\Java\JRE1.5.0_15\bin; C:\\Program Files\Java\JRE1.5.0_15\bin\client
- Kemudian tambahkan Variable sebagai berikut:
Variable Name = JAVA_HOME , Variable Value = C:\Program Files\Java\Jdk1.5.0_15
Variable Name = ANT_HOME , Variable Value = C:\apache-ant-1.7.0

3. Install Apache Tomcat

4. Extract Apache ANT dan masukkan kedalam direktori C:\apache-ant-1.7.0

5. Install PostgreSQL

Instalasi OpenBravo

1. Apabila anda sudah melakukan instalasi uj=ntuk JDK /JRE, Apache Tomcat, Apache ANT, dan PostgreSQL, jalankan file: OpenbravoERP_2.35MP4-windows-installer.exe
maka tampilan instalasi akan segera muncul















Selanjutnya akan muncul Licence Agrement, silahkan anda membacanya dan apaliba anda setuju dengan perjanjian lisensi tersebut pilih "I accept the Agrement" dan tekan Next















Selanjutnya pilih Complete apabila anda menginginkan OpenBravo dan database di install pada komputer yang sama, atau pilih distributed apabila akan di install di komputer yang berbeda.
kemudian tekan Next.















Pilih Standard apabila anda akan menginstall database dan application server (recomended) apabila anda seorang developer mungkin anda perlu memilih piihan "Development". Untuk kesempatan ini kita memilih "Standard" lalu tekan Next.















Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengkonfirmasi letak folder dimana anda menginstall JDK, Apache tomcat, dan ANT (apabila anda menginstall secara benar openbravo akan mengenalinya secara otomatis).

Selanjutnya pilihan database, anda dapat memilih menggunakan Oracle atau Postgre SQL, dam tutorial kali ini saya menggunakan PostgreSQL, sehingga pilih PostgreSQL lalu tekan Next
















Masukkan alamat IP komputer dimana database anda terinstall, atau localhost apabila anda berada dikomputer yang sama dimana database terinstall















Masukkan password Database sesuai yang anda tentukan ketika melakukan instalasi PostgreSQL.















Masukkan nama database beserta Username dan Password yang digunakan untuk menyimpan data OpenBravo.















Tentukan setting Tanggal , separator dan waktu















Masukkan Context Name (default = OpenBravo)















Pilih apakah anda menginginkan demo data atau tidak, apabila anda masih belajar disarankan untuk memilih Yes sehingga anda memiliki demo data untuk latihan.















Selanjutnya OpenBravo telah siap untuk melakukan instalasi, Selanjutnya tekan Next

Selanjutnya proses instalasi akan berjalan, tunggu hingga proses instalasi selesai (perlu beberapa saat untuk meyelesaikan proses instalasi, jadi anda harus sabar :) )
















Menjalankan OpenBravo

Apabila proses instalasi sudah selesai dengan sukses, buka browser anda dan arahkan kealamat komputer dimana Openbravo beserta port dimana anda menginstall beseta port yang anda sediakan untuk openbravo serta context namenya. Jadi misalnya anda menginstall di komputer =Localhost, dengan port = 8080, dan context name=openbravo, maka alamatnya menjadi:
http://localhost:8080/openbravo

Selanjutnya anda akan mendapatkan tampilan login dibawah ini




Apabila anda sudah melihat tampilan login Openbravo, Selamat!! anda sudah berhasil melakukan instalasi Openbravo.
Selanjutnya untuk login masukkan username = Openbravo dan password= openbravo
===================

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna OPENBRAVO INDONESIA .
BACA JUGA:

Setup Business Partner di OpenbravoSetup Product di OpenbravoPurcurement Management di OpenbravoGoods receipt di Openbravo
Sales management di Openbravo

Wednesday, June 11, 2008

ADEMPIERE 3.5.1 Alpha Release

Adempiere 3.51 alpha release









Saat ini Adempiere sudah mengeluarkan alpha release untuk Versi 3.51, dimana ADempiere 3.5.1a memiliki beberapa modul modul tambahan yang sangat penting, diantaranya adalah Libero Manufacturing dan Human Resource (keduanya kontribusi dari eevolution.com), selain Fixed Asset, Replication, Integration process dan New function nextidfunc added. Modul modul semacam ini bahkan saat ini belum tersedia di Compiere sebagai induk dari Adempiere, dimana ini menunjukkan bahwa dari sisi kelengkapan modul ADempiere telah jauh meninggalkan Compiere. Akankah ADempiere mengalahkan Compiere sebagai pendahulunya?

Beberapa kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh ADempiere 3.51 adalah :
- Manufacturing Management
- Human Resource and Payroll
- Fixed Assets
- Replication
- New function nextidfunc added
- Integration Process


1. Manufacturing Management.


Modul Manufacturing merupakan modul yang ditunggu tunggu oleh kalangan industri, dimana kita ketahui Compiere dan Adempiere versi sebelumnya belum memiliki Manufacturing Management, sehingga ketika di implementasikan pada perusahaan Manufaktur masih akan memeperlukan pekerjaan manual dari sisi produksi. Dengan adanya Modul Manufacturing Management ini maka dalam waktu tidak lama lagi Industri Manufaktur sudah dapat memiliki solusi ERP yang cukup lengkap dari ADempiere yang bebasis Opensource ini.

Modul Manufacturing Management yang merupakan contribusi dari eevolution ini dilengkapi dengan fitur fitur yang cukup lengkap seperti:
- Engineering Management
- Planning Management
- Production Management
- Distribution Management
- Quality Management
- Standard Costing Management


MRP Calculation & ECN











MRP Calculation

Dimana dengan fitur fitur diatas anda bisa melakukan berbagai aktivitas dibidang produksi seperti melakukan Engineering Change Notice (ECN), Material Requirement Planning (MRP), Capacity Requirement Planning (CRP), DRP (Distribution Requirement Planning), Shop Floor Control, Maintenance Management, hingga melakukan product costing.

Mengingat begitu banyak dan kompleks nya modul Manufacturing, insya Allah kalau ada waktu nanti saya akan menulis lebih banyak lagi tentang Modul Manufacturing Management ini.

CRP Setup & DRP Setup



















Shop Floor Control













2. Human Resource and Payroll


Modul Human Resource and Payroll juga merupakan salah satu modul yang dinantikan para pengguna adempiere, dengan adanya modul ini maka proses management karyawan dan payroll/penggajian tidak perlu dibuat secara terpisah dengan aplikasi ERP. Sehingga cukup dengan satu aplikasi ERP dan sudah memberikan solusi kepada hampir semua kebutuhan dari semua Departemen dari perusahaan. Meskipun pada penerapannya mungkin perlu beberapa modifikasi dikarenakan aturan ketenaga kerjaan yang berbeda dari masing masing negara. Demikian juga untuk penerapan di Indonesia, mungkin salah satu yang harus dipersiapkan misalnya membuat format cetak untuk laporan pajak PPH-21, formula perhitungan Pajak, Jamsostek, dll.

3. Fixed Assets

Modul Fixed Assets merupakan modul yang sering ditanyakan oleh para pengguna Adempiere setelah modul Manufacturing dan Payroll. Dengan adanya modul ini, maka pengguna Adempiere tidak perlu lagi membeli software khusus untuk merawat fixed asset perusahaan.

4. Replication
Replication merupakan utility yang memungkinkan kita melakukan replicate data / export import data dengan lebih mudah. Dengan fasilitas ini, maka misalnya anda memiliki 38 Store dan masing masing memiliki Adempiere dan postgreSQL di server local dengan internet 12kbps. Store store tersebut akan tetap mampu beroperasi ketika mereka tidak online/tersambung internet. Ketika mereka online maka store akan secara otomatis melakukan replication dengan Server Pusat.

5. New function nextidfunc added

Fasilitas ini adalah untuk migrasi dari versi sebelumnya, maupun dari Compiere. Dengan adanya fasilitas ini maka akan dengan mudah untuk melakukan migrasi ke Adempiere.

6. Integration Process

Fasilitas ini adalah untuk melakukan proses integrasi. Fasilitas ini di sponsori oleh Idalica, salah satu contributor ADempiere.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Regards,
agung
agung_bs@yahoo.com
===========


Joint FB Forum: ADempiere Indonesia & IDempiere Indonesia Study group

Sunday, June 8, 2008

Manual Book, Blog, & Training Compiere


Lebih dari seminggu saya absen menulis blog, dan boleh dibilang saya juga absen dari aktivitas berinternet. Maklum karena selama satu minggu ini saya jatuh sakit. Setelah kegiatan yang cukup padat, mulai dari Acara training Compiere Di LPP (Lembaga Pendidikan Perkebunan) di Jogja tanggal 14-15 bulan lalu, kemudian dilanjutkan perjalanan ke Jakarta, Batam dan terakhir ke Singapore.

Ketika tiba di singapore, saya sudah merasakan kurang sehat, dan benar saja sepulang dari singapore tanggal 29 mei lalu, langsung ambruk deh.. dan setelah periksa ke dokter praktis selama seminggu istirahat total.

Dan hari ini tanggal 9 Juni, Insya Allah sudah mulai beraktivitas kembali (meskipun belum sepenuhnya pulih)

Hikmahnya, selama sakit jadi punya banyak waktu untuk isitirahat, menyalurkan hoby dll. Termasuk jadi sempat baca email email dari pembaca pembaca blog, yang kadang belum sempat saya jawab. Ada banyak email yang saya terima, paling banyak adalah menanyakan Tutorial "Panduan Belajar Compiere dari Instalasi hingga Implementasi" yang filenya sudah banyak didownload dari website Alphamedia.co.id

Panduan tersebut sesungguhnya saya buat sekitar tahun 2004-2005 dan berdasarkan Compiere 2.5.3 sehingga sudah agak out of date, waktu itu saya menghentikan penulisan karena beberapa alasan (diantaranya karena ada rekan yang berniat meluncurkan buku :) ). Jadilah panduan itu cuma sampai bab 4.

Setelah berhenti (sementara) menulis buku panduan, saya mencoba menulis tutorial tutorial saya di Blog CompiereGuide.blogspot.com ini, sehingga bagi yang membutuhkan panduan compiere,Adempiere, masih bisa mendapatkan di blog.

Saat ini saya sedang mempersiapkan Buku Panduan Training, dengan judul yang sama yaitu "Panduan Belajar Compiere dari Instalasi hingga Implementasi" berbasis pada Compiere 3.0. Buku Panduan yang terdiri dari sekitar 500an halaman ini nantinya akan dipakai untuk kegiatan Training Compiere yang akan saya adakan bersama Alphamedia.

Saat ini kami sedang mempersiapkan training di Batam, Jogja dan Bekasi, dan apabila memungkinkan akan dilajutkan di kota kota yang lain.
Dengan harapan, semoga para pengguna Compiere didaerah daerah bisa terus bertambah dan bisa mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya, untuk kemudian lebih banyak lagi perusahaan yang menggunakan Compiere/ADempiere.