Welcome To blog.alphamedia.co.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di blog.alphamedia.co.id, tempat untuk berbagi informasi tentang Open source ERP (Enterprise Resource Planning), khususnya Compiere, Adempiere/iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Tuesday, February 23, 2010

Menimbang nimbang Produk ERP

Menimbang nimbang Produk ERP (Enterprise Resources Planning)
Anda Sedang mencari produk ERP untuk perusahaan anda ? mungkin artikel dibawah ini bisa anda gunakan untuk bahan pertimbangan.
Apabil anda menyebut kata ERP khususnya di Indonesia, maka satu satunya citra merk yang di ingat orang adalah SAP. Saat ini SAP adalah vendor ERP terbaik dan terpopuler yang dapat memberikan pemecahan secara terpadu dan menyeluruh berbagai jenis lembaga dengan latar belakang fokus bisnis yang berbeda. Bahkan saya pernah mendengar seorang karyawan bertanya kepada rekannya dengan kalimat yang kira kira bunyi nya seperti ini: “ Diperusahaan bapak SAP nya pakai apa ya?” (maksudnya ERP nya pakai apa, red), mendengar kata kata itu saya jadi ingat dulu orang sering mengucapkan kata “Honda” sebagai pengganti kata sepeda motor, atau “kodak” untuk kamera, dan “Pampers” untuk diapers/popok bayi sekali pakai. Hal itu tidak lain karena Honda, kodak, dan pampers merupakan market leader untuk masing masing produknya setidaknya pada awal awal produk tersebut dikenal masyarakat. Demikian pula halnya dengan SAP yang saat ini menjadi market leader dan merupakan produk ERP yang paling dikenal orang, setidaknya hingga saat ini.
Selain SAP, sebenarnya masih ada beberapa vendor ERP terkemuka yang memiliki reputasi puluhan tahun di bidang tersebut sehingga menjadi pemimpin di solusi produk tersebut. Vendor-vendor produk ERP antara lain adalah Oracle / JD. Edwards / PeopleSoft, Microsoft, QAD MFG/Pro dan juga ada beberapa produk Opensource yang meskipun masih cukup baru namun sudah mampu mengambil perhatian dunia.
Masing-masing vendor tersebut tentunya memiliki dan karakteristik khas yang menjadi unggulan dari masing-masing produknya. Dengan memahami informasi mengenai hal tersebut maka para pemimpin dan pemilik bisnis dapat menentukan produk ERP manakah yang kira-kira paling cocok dengan filosofi dasar dan karakteristik perusahaannya.
Berikut ini adalah gambaran umum mengenai filosofi dasar serta karakteristik khas dari tiap-tiap produk ERP yang terkemuka saat ini.
SAP AG adalah perusahaan penyedia dan konsultan software yang didirikan di Jerman pada tahun 1972 oleh 5 orang bekas karyawan IBM. SAP adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Systems, Applications, Products in Data Processing.
Pada awalnya SAP hanya berfokus pada para pelanggan dari kelas ukuran besar namun seiring semakin ketatnya kompetisi dan meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan kelas kecil-menengah maka fokus pun bergeser ke segmen pasar tersebut.SAP kini menyerdiakan pket solusi ERP untuk perusahaan kecil menengah, yaitu SAP Business One dan SAP All-in-One.
SAP adalah penguasa pasar produk ERP saat ini. Hasil survey dari beberapa media memperkirakan bahwa lebih dari 10 juta pengguna yang menggunakan lisensi produk ERP dari SAP atau kira kira lebid dari 65% pasar ERP dunia.
Secara teknis, aplikasi software SAP menggunakan arsitektur 3-tier yang terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi. Produk Utamanya meliputi SAP ERP Enterprise Core, yang merupakan solusi aplikasi ERP dan SAP Business Suite yang merupakan paket solusi yang lain seperti SAP CRM (Customer Relationship Management), SAP SCM (Supply Chain Management), SAP SRM (Supplier Relationship Management) dan SAP PLM (Product Life Cycle Management).
Modul-modul tersebut dapat diterapkan secara penuh atau dapat digunakan secara terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Saat ini produk ERP dari SAP sudah mendukung transaksi e-commerce melalui internet.
Salah satu manfaat dari modul dukungan e-commerce ini adalah adanya modul SCM (supply chain management) yang terintegrasi dengan para pelanggan SAP lainnya melalui internet. Misalkan jika Anda adalah pelanggan SAP dan memerlukan pasokan material tertentu maka melalui modul SAP dapat melakukan pencarian di database melalui internet daftar perusahaan penyedianya.
Dari daftar tersebut dapat diperoleh informasi lengkap dan rinci mengenai harga, spesifikasi dan waktu pengiriman jika Anda memesannya langsung dari pabrik/perusahaan penyedianya. Anda tinggal memilih pemasok yang paling sesuai dengan kebutuhan secara real-time dan on-line.
Bayangkan berapa besar penghematan waktu, biaya dan sumber daya lainnya dengan dukungan SCM tersebut. Perusahaan Anda tidak perlu kerepotan mengelola gudang yang besar, penghematan arus uang yang mengendap karena tersimpan dalam bentuk cadangan pasokan material, dsb.
Pada awalnya Oracle adalah perusahaan pengembang aplikasi database software yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan basis data terpusat. Dan Hingga saat ini produk Database Oracle masih merupakan database terbaik dan dipakai oleh hampir semua produk ERP.
Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern.
Saat ini Oracle yang didirikan pada tahun 1977 tersebut sudah mengembangkan banyak sekali alat pengembangan aplikasi (applicaton development tools) yang handal dan fungsional selain aplikasi DBMS-nya.
Berbekal hal-hal tersebut maka Oracle menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package ERP yang didukung dengan layanan konsultansi, pendidikan dan dukungan sistem di hampir setiap negara di dunia.
Hal unik yang ada saat ini adalah fakta bahwa hampir seluruh produk ERP dari kompetitor Oracle ternyata framework basis datanya menggunakan produk DBMS dari Oracle!
Keunggulan utama dari produk ERP hasil pengembangan Oracle adalah fokusnya pada solusi e-business terdepan.
Dengan kemudahan pengelolaannya yang berbasis internet maka Oracle melampui banyak vendor produk ERP standar yang masih berbasis client-server.
Pada bulan Desember 2004, perusahaan ini mengakuisisi salah satu perusahaan pengembang ERP terkemuka, yaitu Peoplesoft, dimana sebelumnya Peoplesoft telah mengakuisisi JD Edwars yang juga merupakan salah satu pengembang ERP ternama. Akuisisi Peoplesoft ini membuat Oracle harus mampu mendukung berbagai jeis produk dan terus mengemnangkan produk dan layanannya.
Hasil dari akuisisi tersebut saat ini Oracle menawarkan berbagai paket aplikasi ERP, yaitu Oracle E-Business, Peoplesoft Enterprise dan JD Edward Enterprise One. Selain produk utama tersebut, Oracle juga menyediakan berbagai produk pelengkap (bolt-on).
Tidak hanya sampai disitu saja, selain Peoplesoft, Oracle juga mengakuisisi Siebel, sebuah perusahaan pengembang palikasi CRM. Akuisisi ini membuat produk produk Oracle menjadi semakin kaya fitur dan bervariasi.

JD Edwards sebagai penyedia Produk ERP, lebih mengedepankan aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari vendor tersebut.
Sedangkan JD. Edwards mendukung dan mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Sehingga kita dapat memilih sendiri databae, sistem operasi da hardware apa yang akan digunakan sehingga solusi dapat dibangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan
Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pelanggan yang ingin mengintegrasikan sistem yang sudah berjalan baik (running well) ke dalam sistem ERP dari JD. Edwards baik dari sisi waktu dan biaya.
Sistem yang diterapkan oleh JD. Edwards menggunakan arsitektur yang terpusat namun dalam pengolahan datanya terdistribusi serta didukung layanan fungsi penjelajah yang mengakses berbagai aplikasi software sistem informasi yang terintegrasi dalam jaringan komunikasi data elektronik perusahaan klien.
Selain itu dengan filosofi platform terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.
Filosofi platform terbuka dan karakteristik sistem terbuka antar modul aplikasi ini menjadi keunggulan dari produk ERP yang dikembangkan oleh JD. Edwards dalam memberikan solusi bagi perusahaan-perusahaan yang masih berkembang.
Pada awalnya PeopleSoft adalah pengembang aplikasi software untuk manajemen SDM dan akunting. Seiring dengan perkembangan pengalamannya memberikan solusi penerapan sistem informasi kepada para kliennya, perusahaan yang didirikan pada tahun 1987 tersebut kemudian meningkatkan ruang lingkup produknya hingga ke setiap aspek unit bisnis. Sama seperti JD. Edwards, PeopleSoft mengembangkan aplikasi ERP-nya dengan konsep arsitektur terbuka.
Dengan konsep arsitektur terbuka ini memungkinkan para kliennya membangun sistem ERP yang dapat secara mudah terintegrasi dengan sistem-sistem internal yang sudah dibangun sebelumnya.
Akuisisi Peoplesoft oleh Oracle makin menambah keragaman produk oracle dan memperluas dukungan terhadap produknya baik dari produk database maupun aplikasinya.
Produk hasil akuisisi Peoplesoft oleh Oracle adalah Oracle Peoplesoft enterprise Aplication, yang merupakan paket aplikasi yang dirancang untuk mendukungkebutuhan bisnis yang rumit. Aplikasi ini menyediakan solusi untuk bisnis dan industri membantu organisasi meningkatkan kinerjanya. Aplikasi Peoplesoft Enterprise dilengkapi dengan fitur integrasi layanan web untuk memudahkan berbagai lingkungan aplikasi berjalan secara mulus dan pemilihan infrastruktur teknologi yang fleksibel.
Microsoft melalui unit bisnis Business Solution menyediakan 3 jenis software untuk implementasi ERP, yaitu Microsoft Axapta, Microsoft Great Plains, Microsoft Navision. Saat ini ketiga jenis software ini telah berbah nama secara resmi dengan penambahan kata “Dynamics” didepannya.
Meskipun ketiga jenis kelomok software tersebut memiliki fitur yang hampir sama, tetapi secara umum produk Microsoft Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
  1. User friendly, mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi reluktansi (keengganan) pengguna.
  2. Flexible, mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu.
  3. Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.

IFS adalah vendor ERP dari Swedia yang didirikan pada tahun 1983. Saat ini IFS telah mempunyai 2.600 karyawan. Aplikasi IFS telah ada di 54 negara dan dibuat dalam 20 Bahasa.
Aplikasi IF menyediakan fungsi-fungsi ERP termasuk diantaranya: Customer Relation Management (CRM), Suplly Chain Management (SCM) , Product Lifecycle Management (PLM ), Corporate Performance management (CPM), Enterrise Asset management (EAM), dan Maintenace Repair and Overhaul (MRO). IFS juga menyediakan solusi Untuk Retail & Wholesale Distribution.
IFS menyediakan solusi berbasis komponen yang mudah untuk di implementasikan, dijalankan, dan di upgrde. Dengan sistem berbasis komponen ini, sistem IFS dapat dengan mudah di konfigurasi mengikuti perubahan proses sehingga dapat mendukung proses bisnis yang memberikan nilai tambah pada perusahaan. Aplikasi IFS dapat diterapkan secara bertahap mulai dari tingkat fungsional yang paling diperlukan hingga fitur fitur tambahan untuk mendukung proses bisnis yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan perusahaan. Arsitektur aplikasi IFS juga dibangun berdasarkan konsep Service Oriented Compenent Atchitecture yang bersifat terbuka dan dirancang sesuai dengan standard industri. Arsitektur ini memudahkan integrasi IFS dengan berbagai paket software lain yang ada di pasar.
QAD adalah sebuah perusahaan software di Santa Barabara Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1979, Saat ini sudah terpasang di 5.500 tempat di 90 negara. QAD fokus dan sangat mendalam pada industri Manufaktur saja dan spesifik dibidang Otomotif, Barang Konsumsi, makanan, elektronik dan kesehatan. Salah satu produk QAD yang terkenal adalah MFG/PRO, yaitu produk yang di rancang untuk mendukung sistem ERP Perusahaan.
MFG/PRO adalah salah satu produk ERP yang cukup sukses di pasaran dunia dan juga di Indonesia. Software MFG/PRO bersifat komprehensif, terbuka, fleksibel, scalable, interaktif, dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan manufaktur modern.
Secara Teknologi, versi terbaru MFG/PRO sudah menganut SOA (Service Oriented Architecture). MFG/PRO saat ini bisa dijalankan didatabase Postgresql dan Oracle.
Antarmuka apliakasi QAD pada umumnya dibagi menjadi 4 jenis, yaitu antarmuka melalui Text/karakter, berbasis windows, berbasis Web menggunakan jJava, dan menggunakan aplikasi Microsoft .Net.
Gerakan ERP Opensource mulai muncul belakangan ini, di pelopori oleh Compiere Inc. yang meluncurkan produk Compiere ERP&CRM yang seperti produk Opensource pada Umumnya, dalam waktu singkat telah memiliki banyak turunan atau fork (istilah untuk turunan / pecahan dari suatu produk Opensource) yaitu Openbravo ERP dan Adempiere ERP.
Compiere yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman modern JAVA (ERP lain kebanyakan masih menggunakan bahasa pemrograman lama yang sudah out of date), memungkinkan aplikasi ini berjalan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, Solaris dan lain lain. Hal ini membuat Compiere memiliki fleksibilitas yang tinggi dimana klien dapat menentukan jenis OS dan Hardware yang akan mereka pakai dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan dan anggaran yang tersedia.
Compiere juga sangat mudah di Customize, didalam aplikasi Compiere terdapat modul Application Dictionary dimana anda dapat menambah windows, membuat form, field, dan lain lain tanpa harus melalui source code dan tanpa menyentuh bahasa pemrograman. Cukup dengan memanfaatkan modul ini anda dapat melakukan customize hanya dalam beberapa menit (cek link berikut ini). Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan utility Customize Report sehingga penggunanya dapat membuat report sesuai kebutuhan dan selera masing masing, sekali lagi tanpa menyentuh source code dan bahasa pemrograman.
Compiere yang dilengkapi dengan antar muka client-server dan Web Base yang berjalan secara bersamaan, membuat aplikasi ini sangat fleksibel dalam hal kemudahan akses dibanding aplikasi ERP manapun. Struktur antar muka yang dibuat berdasarkan konsep Windows ekspolorer sangat memudahkan pengguna sehingga dapat dengan cepat menjadi familiar dalam menjalankan aplikasi ini.
Sifat aplikasi yang opensource, membuat aplikasi ini sangat populer dan dicoba oleh ribuan user di seluruh dunia, sehingga bug dan kesalahan yang terjadi dapat dengan cepat diketahui dan diperbaiki dan sangat cepat berkembang dimana pengembangannya didukung para contributornya diseluruh dunia. Hal ini membuat Compiere menjadi aplikasi yang fleksibel, stabil, dan up to date.
Saat ini ada 4 versi produk Compiere, yaitu Versi Community (Free dan Opensource), Versi Standard (Subscription dan Opensource), Versi Profesional (Subscription dan Closed Source), dan Versi Cloud (Subscription dan Closed Source).
Adempiere merupakan turunan dari Compiere, dimana aplikasi ini dibangun oleh programmer programmer di seluruh dunia yang sebelumnya tergabung didalam komunitas Compiere. Kelahiran Adempiere dipicu oleh kekecewaan komunitas terhadap Compiere Inc. sebagai perusahaan pemilik Compiere.
Adempiere sebagai turunan Compiere memiliki hampir semua kehebatan dan kelebihan Compiere, ditambah lagi dengan beberapa modul baru hasil sumbangan dari para kontributornya, modul modul itu adalah : Manufacturing Management (sumbangan dari eevolution – Mexico), Posterita (sumbangan Posterita), ZK WebUI (sumbangan Posterita), Fixed Asset, dan Human Resource Management.
Dengan pengembangan dan penambahan modul modul yang bahkan beberapa diantaanya belum ada di Compiere, saat ini Adempiere merupakan aplikasi ERP Opensource yang paling lengkap dan paling gratis. Implementasi Adempiere banyak menuai sukses baik di luar negri maupun didalam negri. Selain itu anda dapat memilih OS sesuai keinginan anda, Hardware sesuai keinginan anda, serta pilihan database postgreSQL (Opensource) atau Oracle (License).
Dengan keistimewaan yang ditawarkan Adempiere tersebut, perusahaan dapat menerapkan ERP mulai dari anggaran terendah yang mampu di investasikan oleh perusahaan. Dan apabila perusahaan berkembang, dapat dengan mudah di upgrade atau bahkan di customize sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.
Openbravo ERP merupakan salah satu turunan Compiere yang juga banyak menuai sukses di pasaran. OB memfokuskan diri pada antarmuka berbasis Web dan meniadakan antarmuka client-server. Dengan kemampuannya merubah tampilan antarmuka dan menambah skin, membuat penampilan Openbravo sulit ditandingi oleh ERP manapun.
Openbravo yang dimiliki oleh perusahaan spanyol ini, mengkhususkan diri pada implementasi ERP pada perusahaan UKM dengan Multi-site. Sehingga apabila perusahaan anda membutuhkan aplikasi ERP yang akan digunakan untuk banyak site dan cabang maka OpenBravo layak anda pertimbangkan. Pada versi yang akan datang Openbravo akan support ke HTML5 yang memungkinkan di akses menggunakan Handheld PC, Blackberry dan lain lain, sehingga anda dapat mengakses sistem anda dari mana saja.
Rumit dan Kompleks nya aplikasi ERP membuat sangat sedikit perusahaan lokal yang terjun dibidang ini. Untuk membangun aplikasi ERP yang baik dan handal memerlukan ribuan Man Days serta melibatkan puluhan hingga ratusan programmer. Dan ini berarti memerlukan investasi yang tidaklah sedikit. Proses uji coba dan bug fixing yang pajang dan cukup memusingkan membuat beberapa perusahaan lokal akhirya menyerah, dan memilih mengambil keagenan aplikasi ERP dari luar.
Salah satu jalan pintas yang paling memungkinkan dan terjangkau untuk mendapatkan produk ERP yang baik, handal namun memenuhi kebutuhan pasar lokal adalah dengan melakukan Customize dan Localize terhadap produk ERP Opensource yang sudah mapan. Dan hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan lokal, diantaranya oleh Alpha Media Informatika yang saya motori. Dengan melakukan customise maka team Alpha Media dapat memberikan solusi ERP yang sedekat mungkin dengan kondisi riil bisnis yang dibutuhkan oleh Client.
Berikut ini beberapa contoh hasil Customize dan Localize dari ERP Opensource:
Ademsawit merupakan aplikasi Adempiere yang di localize dan di customize untuk memenuhi kebutuhan Perusahaan Perkebunan Kelapa sawit. Ademsawit selain menggunakan modul standard seperti purchasing, inventory sales dan akuntansi , juga dirancang untuk dapat mengakomodasi kebutuhan ERP untuk perkebunan, diantaranya adalah mengelola pembibitan, mengelola penanaman dan perawatan pohon kelapa sawit serta mengelola panen. Semua proses ini akan langsung tercatat di laporan akuntansi sehingga kita bisa dengan cepat mengetahui kondisi akuntansi perusahaan atau bahkan dalam scope yang lebih kecil misalnya per kebun, per blok dan seterusnya.
ADemSawit yang merupakan aplikasi yang berbahasa Indonesia ini saat ini statusnya masih dalam pengembangan, dimana keterangan tentang ademsawit dapat dilihat di website http://www.ademsawit.com
AdemNiaga adalah aplikasi Adempiere yang di customize dan localize untuk memenuhi kebutuhan perusahaan distribusi dan perdagangan di indonesia. Kelebihan aplikasi ini adalah seluruhnya menggunakan bahasa indonesia, serta penambahan terhadap fungsi fungsi dan laporan yang disesuaikan dengan kebutuhan distribusi lokal.

IndoBravo adalah aplikasi OpenBravo yang di Customize dan di Localize untuk memenuhi kebutuhan UKM dengan Multi-site. Aplikasi ini berbahasa indonesia dan dilengkapi dengan fungsi fungsi dan report yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM lokal
Dengan beberapa contoh aplikasi hasil customize dan localization diatas, anda akan benar benar merasa menggunakan aplikasi Indonesia, karena semua menggunakan bahasa indonesia serta dilengkapi dengan fitur fitur yang biasa digunakan untuk operasional perusahaan lokal, namun dengan kualitas internasional dimana aplikasi ini sudah teruji di berbagai pelosok negara didunia.
Dengan adanya bahasa indonesia serta peyesuaian terhadap proses bisnis lokal, akan mengakibatkan proses implementasi lebih cepat, serta meminimkan proses training. Sehingga anda akan mendapatkan Solusi ERP kelas dunia dengan lisensi gratis, dan biaya implementasi dan training yang sangat terjangkau.
Dan akhir kata, pesan sponsor dari tulisan ini adalah: “ Apabila anda membutuhkan aplikasi ERP kelas Dunia dengan Citarasa Indonesia dan dengan biaya yang sangat terjangkau, anda bisa menghubungi saya atau Alphamedia Informatika (www.alphamedia.co.id)”

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Terima kasih dan Wassalam.

Agung Budi Santosa
Email : agung_bs@yahoo.com
YM : agung_bs

Thursday, February 11, 2010

Proses Bisnis Compiere/Adempiere apakah cocok untuk Perusahaan Lokal?

Compiere atau Adempiere ERP apakah sesuai untuk Proses bisnis perusahaan lokal?. Demikian kira kira pertanyaan yang sering saya terima via email, YM maupun pertemuan langsung dari berbagai kegiatan. Hal ini sering ditanyakan umumnya oleh para user pemula maupun orang yang belum pernah menggunakan Compiere/Adempiere sebelumnya. Pertanyaan ini muncul salah satunya adalah karena Compiere dibuat oleh perusahaan Amerika, yang mungkin tidak pernah tau bagaimana proses bisnis perusahaan perusahaan lokal di indonesia, disamping masih sedikitnya pengguna Compiere/Adempiere di Indonesia, sehingga wajar apabila ada kekhawatiran proses bisnisnya tidak sesuai atau si perusahaan harus melakukan perombakan besar besaran agar bisa mengikuti proses bisnis Compiere (yang mana tentu saja hal ini tidak di inginkan oleh pengelola perusahaan).

Dari pertanyaan diatas saya bisa memberikan jawaban yang terdiri dari 2 kabar baik dan 1 kabar buruk. Kita mulai dari kabar baik terlebih dahulu.

Kabar baiknya adalah:
Pertama, Compiere (dan turununanya) tidaklah dibuat berdasarkan patern atau langkah langkah proses bisnis yang fix dan kaku, melainkan berdasarkan opsi opsi yang bisa kita pilih sesuai dengan proses bisnis dari perusahaan yang kita jalankan. Sebagai contoh kita ambil prosedur pembelian barang, dimana proses pembelian barang standard adalah sbb:

Purchase order (PO) --> Penerimaan barang --> Pencetakan faktur --> Pembayaran.

di Compiere Purchase order adalah opsional, sehingga untuk membeli barang PO bisa dibuat bisa juga tidak, demikian juga dengan proses penerimaan barang.

Prosedur ini bisa jauh lebih sedernahan, misalnya saja perusahaan yang membeli bahan baku di Pasar, tentu saja tidak ada proses pembuatan PO, penerimaan barang, invoice dan lain lain, dan pembayaran dilakukan secara tunai.

Penerimaan barang --> pembayaran tunai

Atau perusahaan perkebunan yang menerima bahan baku dari petani sehingga pembayaran berdasarkan total barang yang diterima. sehingga prosedurnya menjadi:

Penerimaan barang --> pencetakan faktur --> pembayaran

Sedangkan untuk pembelian produk jasa atau pembelian barang yang tidak disimpan stok nya didalam inventory bisa tanpa melalui penerimaan barang sbb:

Purchase order --> Pencetakan faktur --> pembayaran

Sedangkan untuk perusahaan manufaktur besar mungkin memerlukan prosedur yang lebih rumit misalnya dengan memberlakukan Requisition(permintaan pembelian barang), RFQ (Request for Quotation, permintaan penawaran barang), Confirmasi penerimaan Incoming Quality Assurance (IQA), dan lain lain.

Requisition --> RFQ --> PO --> Penerimaan barang --> IQA COnfirmation --> pencetakan faktur --> pembayaran
dimana pada masing masing langkah terdapat prosedur dan pilihan masing masing, misalnya pada Requisition (permintaan pembelian barang) bisa di setujui atau tidak, kemudian pada RFQ terdapat proses pengambilan keputusan pemilihan vendor/pemasok, pada IQA confirmation ada opsi barang di terima atau dikembalikan (melalui proses RMA, Return Material Authorisation).

Hal diatas juga berlaku untuk prosedur pada modul modul yang lain seperti Material management, Sales Order, dan lain lain


Kesimpulannya, selain prosedur standard, Compiere / Adempiere juga menyediakan opsi opsi yang bisa anda tentukan sendiri yang paling tepat dengan proses usaha yang anda jalankan saat ini.

Kedua, Compiere/Adempiere memiliki fleksibiltas yang sangat tinggi dalam menyesuaikan proses bisnis perusahaan di seluruh dunia. Akan tetapi ketika ini tidak cukup, sebagai aplikasi opensource, Compiere/Adempiere selalu bisa di Kustomisasi bila diinginkan, pilihan kustomisasi bisa ditempuh ketika ada hal yang memang benar benar tidak bisa di akomodasi oleh Compiere, atau mungkin anda hanya sekedar ingin melakukan penyesuaian, misalnya saja agar tampilannya lebih mirip dengan aplikasi yang sebelumnya anda gunakan sehingga user lebih mudah beradaptasi dan lain lain.

Sedangkan kabar buruknya adalah:
Compiere/Adempiere bukanlah aplikasi siap pakai yang begitu anda install langsung bisa anda gunakan (meskipun sebagian besar proses bisnis defaultnya mengacu kepada proses bisnis standard), implementasi Compiere/Adempiere selalu membutuhkan proses setup, configurasi dan kustomisasi agar benar benar sesuai dengan proses bisnis di perusahaan anda, sehingga pada umumnya anda akan membutuhkan bantuan dari konsultan, atau paling tidak orang yang pernah menggunakan Compiere/Adempiere untuk melakukan setup dan konfigurasi yang sesuai dengan bisnis proses di perusahaan anda. Bagaimana apabila anda tidak berhasil menemukan orang yang bisa membantu anda ataupun mungkin anda tidak memiliki dana cukup untuk membayar konsultan? jangan kawatir, komunitas Compiere/Adempiere akan dengan senang hati membantu anda, misalnya melalui blog http://CompiereGuide.blospot.com atau milis http://groups.yahoo.com/group/indocompiere dan http://groups.yahoo.com/group/adempiere-id, tentu saja anda juga harus aktif belajar melalui buku-buku Compiere/Adempiere ataupun dari internet, blog, milis dan lain lain. Selain pilihan diatas ada bantuan lain yang lebih ekonomis, praktis dan instan yaitu dengan mengikuti pelatihan pelatihan Compiere / Adempiere yang sudah banyak di selenggarakan di berbagai kota seperti Jakarta, Jogja, Medan, Pekan baru dan Makassar.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Terima kasih dan salam

Agung Budi Santosa
Alpha Media Informatika,
IT Consultant & Training
Tlp. : 0811 776230