Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Wednesday, April 13, 2011

Business Intelegence& Data Mining

Business Intelegence & Data Mining di Adempiere
Sering kali perusahaan memerlukan informasi secara cepat dan real time untuk mengetahui kondisi transaksi tertentu dari perusahaan, contoh yang paling mudah adalah Transaksi Penjualan. Umumnya perusahaan akan selalu memantau Penjualan / Total sales karena ini menyangkut sumber penghasilan dari perusahaan.

Untuk mengetahui kondisi penjualan dari perusahaan anda, ada beberapa cara, diantaranya adalah dengan mendapatkan laporan penjualan seperti ini:



















Atau anda bisa mendapatkan laporan dengan format yang kurang lebih sama, misalnya seperti laporan transaksi berikut ini:


















ATAU . . . . . .

anda bisa memanfaatkan fitur dashboard dari ADempiere sehingga menjadi informasi yang sangat mudah dicerna serta menampilkan kondisi secara otomatis dan realtime dari penjualan, pendapatan atau informasi apapun yang diinginkan oleh perusahaan. Seperti yang ditampilkan dari gambar berikut:


















Meskipun fitur yang ditampilkan tidak secanggih aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi Business Inteligence dan data mining pada umumnya seperti pentaho dll, namun informasi ini sudah sangat membantu bagi pengambil keputusan perusahaan, dan yang tidak kalah penting adalah untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangatlah mudah.

Untuk mengaktifkan Dashboard seperti diatas, yang perlu anda lakukan adalah masuk ke Performance analysys - Performance measurement - Performance measure


Masukkan informasi apa yang akan anda pantau, misalnya Penjualan.

Kemudian bukan windows Performance goal untuk memasukkan parameter dan target dari penjualan anda, misalnya anda isikan 100.000.000,-
















Setelah anda selesai melakukan setup parameter anda, anda bisa membuka windows Performance indicator untuk melihat contoh dashboard anda:








Apabila semua berjalan dengan baik, maka setiap anda login kedalam ADempiere anda akan melihat informasi penjualan anda secara realtime.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA .
Salam ERP
Agung BS
agung@alphamedia.co.id
Jakarta - Indonesia

**Untuk informasi ERP Training / ADempiere Training yang lain silahkan kontak: training@alphamedia.co.id

Joint FB Forum: ADempiere Indonesia & IDempiere Indonesia Study group

14 comments:

markson said...

Business knowledge is a more extensive field of basic leadership that utilizations information mining as one of the apparatuses.data science course in pune

ExcelR Solutions said...

I feel very grateful that I read this. It is very helpful and very informative and I really learned a lot from it.
project management course in bangalore

Manikanta said...

Such a very useful Blog. Very interesting to read this article. I have learn some new information.thanks for sharing. know more about

ravali said...

Really impressed! Everything is very open and very clear clarification of issues. It contains truly facts. Your website is very valuable. Thanks for sharing.
data science course in mumbai
data science interview questions

ek said...

I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post.
Please check this Machine Learning Course in Pune

Unknown said...

The information provided on the site is informative. Looking forward more such blogs. Thanks for sharing .
Artificial Inteligence course in Lucknow
AI Course in Lucknow

ek said...

I have express a few of the articles on your website now, and I really like your style of blogging. I added it to my favorite’s blog site list and will be checking back soon…
Data Scientist Courses This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information...

EXCELR said...



Great information!! Thanks for sharing nice blog.
Data Science Course in Hyderabad

EXCELR said...

This Was An Amazing ! I Haven't Seen This Type of Blog Ever ! Thankyou For Sharing data science course in Hyderabad

madhavi reddy said...

I Want to leave a little comment to support and wish you the best of luck.we wish you the best of luck in all your blogging endeavors.Business Analytics course in bangalore

vé máy bay từ đức về Việt Nam said...

Aivivu đại lý vé máy bay, tham khảo

vé máy bay đi Mỹ

khi nào mở lại đường bay hàn quốc

vé máy bay huế đi tp hồ chí minh

giá vé máy bay cần thơ hà nội

máy bay từ mỹ về việt nam

PixelShop said...

gland packing and ptfe products

Millennial Aura said...

Really nice and interesting post. I was looking for this kind of information and enjoyed reading this one. Keep posting. Thanks for sharing.
food places in hyderabad

The Digital Magnet said...

This is also a very good post which I really enjoyed reading. It is not every day that I have the possibility to see something like this..
Digital Marketing Service