Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, March 7, 2011

BUSINESS PARTNER di ADempiere

Business Partner

Di aplikasi ERP Konvensional, umumnya mereka akan memiliki beberapa data master seperti: Vendor Master, Customer Master, dan Employee Master.

Di ADempiere ERP, konsepnya sedikit berbeda, dimana Vendor, Customer, dan Employee termasuk dalam business partner.

Business Partner adalah suatu entity(badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan Anda.
Ada tiga jenis Business Partner yang berbeda :
- Vendor (Supplier),
- Customer (Pelanggan)
- Dan Employee (Karyawan).

Konsep Business Partner ADempiere ERP jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya.

Pendekatan ini juga memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.

Suatu Business Partner mempunyai satu atau lebih lokasi dan satu atau lebih Kontak, yang dapat secara optional dihubungkan untuk suatu Lokasi. Kontak dapat mempunyai yang disebut Interest Area, Yang membentuk basis untuk Manajemen Hubungan Pelanggan dan mengijinkan orang-orang bagian penjualan untuk mengatur Email-lists (daftar surat menyurat) untuk yujuan pemasaran ( sebagai contoh, laporan berkala dll.).

Business Partner boleh juga mempunyai hubungan dengan Business Partner lain. Ini mengijinkan suatu Sales Order untuk dikirimkan kepada suatu Business Partner yang pertama, dan tagihan invoice kepada suatu Business Partner yang kedua Dan Pembayaran dilakukan oleh Business Partner yang ketiga.


Setup Business Partner
Workflow Setup Business Partner:

Seperti digambarkan pada Workflow, langkah langkah Setup Business Partner adalah sebagai berikut:

1. Membuat Business Partner Group
- Common Accounting
- For Reporting Purposes

2. Setup Greeting
- Untuk Business Partner & Contact

3. Menentukan Payment Term
- Untuk Sales Order dan Purchase Order

4. Menentukan Invoice Schedule
- Summary Invoices for Shipments
- Locations
- Ship – Invoice
- Pay From – Remit To

5. Menentukan Withholding,
- Quality, Tax (1099)

6. Menentukan Dunning

7. Menentukan Revenuee Recognition

8. Import Business Partner

9. Membuat / Update Business Partner














Salam ERP,

agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia

No comments: