Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Sunday, July 17, 2011

Procurement Management di Openbravo

MEMBUAT PURCHASE ORDER

Untuk membuat Purchase Orders di OpenBravo klik-ganda pada Procurement Management

Window Purchase Order mendefinisikan purchase order dari perusahaan anda. Tab Purchase Order mendefinisikan parameters dari pada order. Nilai nilai field yang didefinisikan akan menentukan bagaimana line(baris-baris) order diproses.

Field Order Reference mengijinkan anda untuk memasukkan nomer referensi. Nilai default Target Document Type adalah Purchase Order, dimana hanya ada opsi tersebut.
Field Date Ordered (tanggal Order) dan Date Promised (tanggal dijanjikan) default kepada tanggal saat ini, namun bisa dirubah.

Anda harus memilih Business Partner untuk Purchase Order ini dengan meng-klik pada Icon didalam field tersebut. Dalam hal ini Business Partner umumnys adalah suatu vendor. Sekarang bidang berikut ini dianggap default dari Informasi Business Partner:

User/Contact (bila ada), Bill To, Partner Address dan Price List.
Field Currency menampilkan Currency yang akan digunakan.
Secara opsional Anda dapat memilih suatu Warehouse / Service Point. Ini adalah penempatan yang unik di mana produk disimpan.
Di dalam Bidang Company Agen anda harus memasuk nama orang yang membeli jasa atau produk tersebut.

Termin Pembayaran Dan Aturan Pembayaran untuk Purchase Order ini adalah default dari Atribut vendor Business Partner (di Indonesia umumnya defaultnya adalah 30 hari).
Centang Cek-box Discount Printed untuk menunjukkan bahwa diskon itu diharapkan untuk dicetak pada Purchase Order tersebut.

Status Dokumen menyatakan adanya status Purchase Order pada waktu ini. Jika Anda ingin merubah status tersebut, gunakan Tombol Document Action.


Ini akan memanggil window Document Action tersebut:

Setelah memasuki PO lines anda, Anda mempunyai pilihan: to Complete (untuk selesai), to Void (untuk batal) atau to Process (untuk proses) dari Purchase Order tersebut.

Total Amount menampilkan total dari semua lines Di dalam mata uang dokumen. Grand Total menampilkan total amount (jumlah total) yang mencakup Pajak Di dalam mata uang dokumen.

Purchase Order line

Klik pada tab Purchase Order Lines untuk memasukkan baris informasi untuk Purchase Order:


Tab Order Line (baris order) mendefinisikan item secara individu dari suatu Purchase Order.

Pilih suatu Produk dengan meng-klik pada Icon di dalam Bidang Produk. Akan tampil window Produk Info. Anda dapat kembali ataupun memasukkan wildcard untuk menampilkan semua daftar produk:


Pilih Produk yang diinginkan dengan klik-ganda pada baris yang sesuai untuk memasukkkan Produk tersebut ke dalam Bidang Produk pada Purchase Order Lines.
Order date (Tanggal Order) dan Promise Date (Tanggal Janji) default terhadap Header Purchase Order, tetapi dapat diubah.

Line No menyatakan adanya baris yang unik dari Purchase Order tersebut. Ini juga akan mengendalikan urutan tampilan baris Di dalam Purchase Order tersebut.

Charge (beban biaya) menyatakan jenis dari charge (Handling, Shipping, Restocking, Bank Charges dll.).charge tidak bisa dipilih jika Anda telah memilih suatu produk. Anda hanya dapat mempunyai satu harga, sehingga harga hanya untuk salah satu apakah Produk atau charge.

Di dalam Area Quantity, masukkan Kwantitas order tersebut. UOM default dari Definisi Produk.
Didalam area Amounts, Unit Price, List Price, Tax dan Discount default dari Price List untuke Product, akan tetapi dapat diubah. DIskon adalah opsional dan akan secara otomatis terupdate jika price list dirubah / diupdate.

Di dalam Area Status, baris Net Amount (Quantity * actual price) tanpa Pajak Dan charge ditampilkan, Ini menyatakan baris net amount berdasar pada kwantitas dan harga aktual tersebut. Pajak atau charge tambahan tidaklah dimasukkan.

Purchase Order Tax


Untuk menampilkan informasi pajak pindah ke lines order kepada tab Order Tax. Konfirmasikan dialog box yang ditampilkan untuk menyimpan Data baris Order anda jika Anda belum melakukannya:


Window Order Tax menampilkan pajak yang berhubungan dengan lines Order. Dimana anda menghubungkan Pajak tersebut dengan Produk Di dalam tab Purchase Order Lines.



Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna OPENBRAVO INDONESIA .
================
Agung Budi Santosa
agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia
================
baca juga: Goods Receipt

No comments: