Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Sunday, July 17, 2011

Setup Product di Openbravo

Didalam window Produk anda dapat mendefinisikan Produk Produk yang digunakan oleh perusahaan anda. Produk ini meliputi semua yang dijual kepada Customer, yang digunakan, yang diproduksi dan produk yang dibeli oleh perusahaan andai.


Untuk mendaftarkan produk baru, buka window Produk. Masukkan Nama Produk, dan Desctiption (jika diinginkan/Opsional). Anda dapat memasukkan beberapa Help/Comment (pertolongan/ komentar)

Isikan beberapa bidang Mandatory (bidang-bidang yang wajib diisi) berikut: Product Category, Tax Category, UOM, Product Type.




Pilih Item untuk menampilkan bidang berikut ini: Weight (Berat/Beban), Shelf Width (Lebar Rak), Shelf Depth (Kedalaman Rak), Classification (Penggolongan), Sales Rep (Vendor), Revenue Recognition (Pengenalan Pendapatan), Volume, Shelf Height (Tingginya Rak), Units Per Pallet (Unit tiap palet).

Centang Cek-box Stocked ketika organisasi anda menyimpan produk ini. Pilih “Purchase” jika anda membeli produk ini, pilih “Sale” jika anda menjual produk ini, dan pilih “production” jika anda membuat produk ini.

Centang Bill Of Material (daftar kebutuhan material) jika Produk adalah suatu Bill Of Material. Dengan memilih cek-box ini tampilan window akan berubah seperti berikut :


Ketika anda sudah masuk ke Produk yang menyusun Bill Of Materials, klik pada tombol verify BOM untuk memulai Proses verifikasi Struktur BOM. Proses Ini berfungsi meneliti unsur-unsur dan langkah-langkah yang terdapat pada suatu Bill Of Materials.

Bill Of Material

Suatu Bill Of Material (BOM) berisi satu atau lebih Produk, Jasa atau BOM yang lain. Tidak ada batas berapa banyak komponen dari suatu BOM, tetapi tidak demikian pada banyaknya level BOM.

Suatu Bill Of Material bisa berupa Stocked ataupun Non-Stocked (Seperti diperlihatkan pada tab Product). BOM Stocked diperlakukan sebagai normal produk dalam kaitan dengan ketersediaan. Untuk membuatnya, bisa dirakit di ' Bagian Produksi'. Kwantitas yang tersedia Di dalam Product Info menampilkam apa yang sebenarnnya tersimpan (atau yg sedang diproduksi), bukan apa yang bisa diproduksi.


Jika anda mendefinisikan Produk anda sebagai Bill Of Material (cek-box Bill Of Material di centang), Openbravo menampilkan nya ketika anda klik tab Bill Of Material pada tampilan window Produk anda.

Sekarang anda dapat memasukkan Produk produk yang menyusun Bill Of Material anda. Bidang berikut ini adalah default: Product, yaitu produk dari Bill of Materials (sebagai contoh Computer) dan Line NO. Masukkan description sesuai keinginan anda.

Pilih BOM Jenis Part/Bom untuk menunjukkan bahwa ini adalah Produk yang diperlukan untuk BOM tersebut atau memilih Pilihan untuk menunjukkan bahwa ini adalah suatu Produk opsional untuk BOM ini, atau memilih suatu Alternative Group untuk menunjukkan bahwa ada Produk lebih dari satu yang mungkin digunakan. Sebagai contoh disini adalah suatu Komputer di mana diperlukan CPU, ada pilihan untuk Memori Dan Hard Disk dan pilihan Wireless card.

Pilih Produk BOM (dalam hal ini CPU) dan Kwantitas BOM.

Hanya produk yang ada pada suatu Price List yang akan tersedia untuk pemilihan Di dalam tampilan ini.

Tab Subtitute

Untuk memasukkan Informasi Subtitusi (Pengganti) untuk Produk, klik pada tab Subtitute.

Anda harus memasukkan suatu Nama dan suatu subtitusi/Pengganti. Pilih subtitute dengan meng-klik pada panah dropdown-list (pilihan jatuh menurun) untuk membuka tampilan window Product Info.


Pilih suatu Produk yang sesuai untuk dimasukkan didalam Bidang Subtitute. Subtitute hanya digunakan untuk informasi acuan saja.

Tab Purchasing
Di sini anda akan memasukkan Vendor dimana anda akan membeli produk serta informasi pembelian lainnya. Informasi yang anda masukkan disini lebih untuk penggunaan statistik, harga di sini tidak akan ditampilkan pada Purchase order maupun Sales order. Info itu datang dari Tab Price (Harga).

Untuk masuk kedalam informasi Pembelian Produk, klik pada tab Purchasing:


Centang Cek-box Current Vendor jika anda ingin menggunakan Vendor ini untuk menetapkan harga dan pengisian kembali stock.

Tab Costing

Untuk memasukkan Informasi costing untuk Produk (di Indonesia sering disebut HPP), klik pada tab Costing. Masukkan Current Cost Price (Tetapan Harga saat ini), atau Future Cost price (Biaya Yang Akan Datang) dapat dimasukkan tergantung atas metoda Costing yang digunakan.


Tab Price
Untuk memasukkan Informasi Harga untuk Produk, klik pada tab Price.


Anda dapat juga memasukkan harga di sini untuk Price List yang spesifik tetapi biasanya anda akan men"generate" (membuat/menurunkan) harga untuk produk anda menggunakan Price List, lihat Pricing untuk informasi lebih lanjut.

Accounting

Untuk memasukkan Informasi akuntansi untuk Produk, klik pada tab Accounting.


Tab Transaction

Untuk menampilkan Transaksi untuk Produk anda, klik pada Tab Transaksi:


Tampilan window Transaksi mendaftar semua Transaksi yang dilaksanakan untuk Produk ini, misal Storage bin, Kwantitas Pergerakan, Tanggal/Date dan Jenis, baris Pengiriman atau penerimaan, baris Inventori Phisik, baris Pergerakan atau baris Produksi.



Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna OPENBRAVO INDONESIA . ================
Agung BS
agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia
================

No comments: