Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Sunday, July 17, 2011

Goods Receipt di Openbravo

MEMBUAT RECEIPTS

Untuk membuat Goods Receipts di OpenBravo klik-ganda pada Procrement Management > Goods Receipt. Goods Receipt mendefinisikan Penerimaan suatu produk atau Material dari suatu vendor. Receipt mungkin secara manual dimasukkan atau mungkin diturunkan dari suatu Purchase Order atau Invoice vendor. Tab Goods Receipt mengijinkan Anda untuk menghasilkan, memelihara, memasukkan dan memproses Receipt dari vendor.


Bidang Order Reference mengijinkan Anda untuk memasukkan suatu nomor referensi. Jenis Dokumen dianggap default. Ini menentukan urutan dokumen tersebut dan memproses aturan.

Pilih Business Partner dengan meng-klik pada Icon Di dalam Bidang Business Partner. Window info Business Partner akan muncul. Tekan Return atau masukkan wildcard "%" untuk menampilkan semua atau suatu subset dari Business Partner anda:


Centang Cek-box Vendor only untuk menampilkan hanya vendor saja. Jika Anda tidak men centangnya, semua Business Partner anda nampak.
Pilih vendor yang diinginkan dengan klik-ganda pada baris yang sesuai untuk memasukkan vendor tersebut ke dalam Bidang Business Partner Di dalam window Goods Receipt. Alamat Partner dan User/Contact (jika ada) akan diisi secara otomatis.

Aturan Freight Cost (biaya pengiriman) mengindikasikan metoda tersebut digunakan ketika menagih biaya pengiriman.

Goods Receipt Line

Untuk memasukkan lines Receipt anda secara manual, asuk kedalam pada tab lines, dan klik pada Tombol New Record:


Pilih suatu Produk dengan meng-klik pada Icon Di dalam Bidang Produk. Tekan Return Di dalam window Product Info Yang muncul, untuk menampilkan semua daftar produk. klik-ganda pada Produk yang diinginkan untuk memasukkannya ke dalam bidang produk yang akan di receipt.

Jika Produk yang dipilih didefinisikan sebagai mempunyai Attribute Set Instance, Anda dapat mendefinisikannya pada saat ini. Pilih Tombol atribut set instance dan dialog berikut akan ditampilkan.

Hal yang perlu dicatat adalah, dalam membuat Material Receipt tidak harus membuat PO, sehingga apabila prosedur ini di ijinkan maka gudang bisa menerima barang tanpa harus ada PO. Namun hal ini tentu harus mengacu kepada policy perusahaan, beberapa perusahaan di Indonesia terutama UKM banyak menerapkan hal ini, karena misalnya membeli barangnya dari pasar, toko, dan lain lain (yang notabene tanpa PO).

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna OPENBRAVO INDONESIA . ================
Agung Budi Santosa
agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia
================

baca Juga: Sales Order di Openbravo

No comments: