Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Tuesday, May 10, 2011

Jasper Reports di ADempiere Bagian 1

JASPER REPORTS DI ADEMPIERE

ADempiere sebagai software ERP yang berbasis opensource dan dapat didownload gratis, sudah menyediakan tools reporting yang cukup canggih, namun terkadang masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dari user, terutama bagi user yang ingin dapat dengan mudah menciptakan laporan laporan dengan perhitungan yang kompleks, dimana apabila dilakukan di adempiere akan cukup menyulitkan bagi user.

Salah satu kelebihan ADempiere adalah telah tergintegrasinya Jasper reports didalam Adempiere, sehingg bagi user yang sudah familiar dengan reports tools seperti Jasper Reports, Crystal Report dll, akan dapat dengan mudah memanfaatkan fasilitas Tersebut.

JasperReports memiliki ratusan fitur, namun sayangnya tidak memberikan alat untuk mendesain laporan secara visual. Seseorang tanpa kemampuan yang baik dengan XML mungkin tidak dapat menggunakan secara maksimal library (perpustakaan) JasperReports.
Untuk itu diperlukan utility "Report Designer" yang dapat mempermudah user dalam mengembangkan desain laporan. Salah satu "Report Designer" yang terpopuler adalah iReports". iReport bekerja untuk membantu orang-orang seperti ini disamping tentu saja para ahli / pengembang.

iReports


iReport adalah utilitas (perkakas) pelaporan, yang dikembangkan di lingkungan Java guna membantu user dan developer (pengembang/programmer) mendesain laporan secara visual. Melalui antar muka yang simple namun kaya akan fitur, iReport menyediakan fungsi yang paling penting untuk membuat laporan yang kompleks dengan mudah, sehingga akan menghemat banyak waktu.

iReport menggunakan library JasperReports untuk membuat laporan. JasperReports, dalam hal ini adalah inti dari iReport. JasperReports adalah utilitas pelaporan open source yamg paling populer didalam teknologi Java, dan iReport adalah report designer visual untuk JasperReports.

Fitur fitur iReport


iReport dapat terhubung ke database apapun dan memperoleh data dari sumber data yang berbeda. Selain itu dapat mengekspor laporan ke PDF, XHTML, OpenOffice, MS Word, MS Excel, XML, Text, dan lain lain.

Antar muka iReport


User Interface (UI) dari iReport sangat user friendly. Hal ini memberikan beberapa langkah mudah untuk menghasilkan laporan dengan menggunakan bantuan Wizard Laporan.











Fitur antar muka di iReport termasuk:
Fasilitas Drag-and-drop (tarik dan letakkan) untuk Elments Report (elemen laporan).
Window Palette yang terdiri dari Report Elements dan Tools






Navigasi yang mudah dari report objects melalui Report Inspector























Window Properties untuk setting properties dari report elements, seperti ditampilkan dibawah ini:



















Mendukung Undo dan Redo editing Window antar muka yang dapat di susun dan di konfigurasi.














Anda dapat merancang laporan menggunakan smart report designer (perancang laporan cerdas). Berikut ini adalah beberapa fitur dari desainer:
Menggunakan Wizard Laporan, laporan dapat dibangun dalam beberapa langkah mudah dalam waktu yang sangat singkat. Setelah itu, ada editor lain yang dapat digunakan untuk memodifikasi / menambah fitur laporan lebih jauh. Ini membantu dengan cepat pembuatan laporan baru, subreports, mendefinisikan data grup, dan membuat grup header dan footer.















Built-in editor untuk hyperlink, padding dan border, angka, dan Tanggal pola.
Menggunakan mouse atau keyboard untuk posisi, menyelaraskan, dan mengubah ukuran objek.

Format Perkakas yang komprehensif

















Menu Kontekstual untuk melakukan operasi umum dengan cepat. Header, footer, ringkasan, latar belakang, dan seterusnya, yang dapat disesuaikan ukurunannya serta dengan beberapa rincian. Menyalin dan menyisipkan elemen.











Grafik Lengkap termasuk Pie, 3D Pie, Bar, Bar 3D, yx Bar, Stacked Bar, Stacked Bar 3D, Line, XY Line, Area, yx Area, Scatter, Bubble, Time Series, High Low, Candlestick, Gantt, Meter , Thermometer, dan Multi Axis grafik.





















Demikian tulisan awal saya tentang Jasper Reports, insya Allah akan saya sambung dengan tulisan yang lain di lain waktu. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA .

Salam ERP
Agung BS
agung@alphamedia.co.id
Jakarta - Indonesia
** Untuk informasi training ERP / ADempiere Training silahkan kontak: training@alphamedia.co.id

Joint FB Forum: ADempiere Indonesia & IDempiere Indonesia Study group