Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, March 7, 2011

MULTI CURRENCY di ADempiere

MULTI CURRENCY

ADempiere ERP secara penuh mendukung penggunaan Multiple Currencies. Kemampuan Multi Currency meliputi tiga aspek yaitu:

Multiple Currencies

• Beberapa Transaksu Mata uang (mata uang selain dari mata uang Akuntansi)
• Beberapa Akuntansi di mata uang secara paralel ( misal Perusahaan UK menggunakan GBP dan EUR)
• Beberapa Laporan mata uang (konversi 1:1 dari suatu Laporan)

Multi-Currency Conversion

Anda dapat medefinisikan Jenis multiple Conversion Rate. Anda mungkin ingin menggunakan tingkat tarif Corporate atau user-defined (bukan menggunakan Spot Rate) untuk tujuan planning/perencanaan. Tingkat tarip Default adalah Spot Rate, yang sesuai dengan tingkat bunga pasar.

Untuk memelihara administrasi pada suatu Kurs Konversi minimum adalah dengan memasukkan suatu tanggal ‘ Valid_From’ Yang mana efektif sampai suatu record baru dimasukkan dengan suatu ‘Valid From’ yang lebih baru. Tanggal yang paling terbaru selalu harus didahulukan dari tanggal yang lebih lama.

Tingkat tarip timbal balik tidaklah secara otomatis dihitung, yaitu. USD:IDR tidak menghasilkan suatu kurs konversi IDR:USD. Artinya, suatu tingkat tarip terpisah harus dimasukkan.
( *USD=US Dolar, IDR= Indonesia Rupiah )

Multi Currency Transactions


ADempiere mengijinkan anda untuk menyelesaikan transaksi di dalam Mata uang manapun. Anda bisa memelihara Invoice anda di dalam EUR, Tanda terima anda di dalam GBP, Rekening Bank anda di dalam CHF dan melakukan akuntansi anda di dalam USD.

Mata uang Transaksi ditentukan oleh Daftar Harga tersebut. Mata uang untuk suatu Proce List (Daftar Harga) didefinisikan di window Price List.

Multi Currency Accounting

Satu transaksi Multi-Currency Accounting adalah Ekspose Keuntungan dari Mata uang Yang tidak direalisir (Unrealized Gain currency) misal antara Invoice dan Receipt. Transaksi lain adalah Direalisir Keuntungannya (Realize Gain)

Multi-Currency Proses

Compiere saat ini mendukung Konversi Mata uang. Konversi Mata uang dilaksanakan ketika suatu Laporan diminta dalam suatu Mata uang berbeda.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Salam ERP
Agung Budi Santosa

No comments: