Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, March 7, 2011

Sekilas Akuntansi di ADempiere

Performance Analysis

Pada setiap bisnis, akhirnya hanya akan ingin mengetahui suatu hal yang sama, yaitu "Berapa banyak uang yang telah kita hasilkan". Jumlah ini bisa berbeda berdasar pada aturan akuntansi yang anda gunakan. ADempiere ERP mengijinkan anda untuk mendefinisikan Accounting Schema (skema akuntansi) secara multiple (beberapa sekaligus) dan "GAAPS" untuk suatu klien.

ACCOUNTING SCHEMA
Suatu Accounting Schema adalah kombinasi dari suatu standard akuntansi nasional ( misal US GAAP), suatu Costing Method (misal accrual atau standard) dan Currency (mata uang). Compiere mengijinkan anda untuk mendefinisikan beberapa skema Akuntansi sehingga anda dapat memelihara pembukuan untuk laporan keuangan dan data bagi bahan pengambilan keputusan manajemen secara paralel. Ini juga meniadakan pekerjaan konversi yang merepotkan, perubahan bentuk dan konsolidasi dari cabang asing dan mempertimbangkan separasi yang mudah dari manajemen dan laporan legal (legal reporting).

ELEMENTS

Masing-Masing Accounting Schema juga mendefinisikan elemen elemen yang menyusun kombinasi Account tersebut untuk digunakan pada transaksi GL. Organisasi dan Account adalah diperlukan. Secara opsional anda juga dapat mendefinisikan Business Partner, Product, Caimpaign, Project dan lain lain. Sebagai tambahan, Compiere mengijinkan anda untuk mendefinisikan 2 user yang mendefinisikan elemen elemen untuk mengakomodasi profil bisnis yang unik. Sebagai contoh, jika suatu Account Schema mendefinisikan Product dan Business Partner sebagai elemen elemen opsional suatu Account kombinasinya akan menjadi 01-1200-2000-Joe.


• "01" adalah Organisasi HQ
• "1200" adalah Account Payable (Hutang Dagang) Account Element
• "2000" adalah Produk Flower
• "Joe" adalah Business Partner Joe Brown Inc.

Description yang ditampilkan untuk kombinasi Account ini akan seperti: HQPAYABLES_FLOWER_JOE_BROWN Inc. Anda tidak perlu cemas akan elemen elemen apa untuk dimasukkan bersama dengan tiap tiap transaksi karena ADempiere akan menghasilkan semua transaksi akuntansi untuk anda secara otomatis dimana Element Values (nilai elemen) diperoleh/diturunkan dari transaksi atau dari dokumen.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Salam ERP
Agung Budi Santosa
agung_bs@yahoo.com
==========
Jakarta - Indonesia

1 comment:

Percetakan Jakarta said...

Nice post pak, informatif sekali soal alphamedia ini :)