Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, March 7, 2011

"PURCHASING" di ADempiere

"PURCHASING"

ADempiere ERP mensupports beberapa fungsi purchasing yang mana termasuk dalam prosedur Procurement.

Anda dapat menghasilkan Purchase Order dari sebuah Sales Order dan membuat Invoice(tagihan) atau Receipt (penerimaan) tanpa harus memasukkan kembali semua informasi yang dibutuhkan.

Untuk fungsionalitas ini ADempiere
menyediakan ‘Create from’ feature.

Perlu dicatat bahwa Purchase Order adalah Opsional (bisa digunakan bisa tidak), mengingat anda bisa membuat Invoice atau Shipment tanpa membuat Purchase Order. Matching (pencocokan) kepada Purchase Order juga opsional. Matching yang diperlukan adalah Matching antara Shipment dan Invoice. Jika anda menggunakan fitur ‘Create from’, Matching akan dilaksanakan secara otomatis. Jika tidak me 'match' kannya, beberapa transaksi accounting akan tidak dilakukan seperti perpindahan jumlah nilai dari un-invoiced receipts ke invoiced receipts.

Purchase Order adalah suatu dokumen kontrol dalam hal Receipts dan Invoices. Purchase Order tidak selalu diperlukan untuk melakukan Receipts. Tergantung kepada policy perusahaan anda, pembuatan Purchase Orders mungkin saja adalah keharusan (mandatory), akan tetapi didalam Compiere adalah opsional. Aspek penting nya adalah anda dimungkinkan untuk memasukkan Receipt (apakah anda memiliki Purchase Order atau tidak) dan bisnis tetap berlanjut. Mohon dicatat bahwa hanya Products yang dapat dilakukan Receipt.

Anda dapat membuat suatu Vendor Invoice dari Receipt yang anda buat ( Mohon dicatat bahwa Harga Invoice didasarkan pada daftar harga Business Partner)

Juga dimungkinkan untuk melakukan cara sebaliknya dimana Invoice dimasukkan terlebih dahulu (jika anda menerimanya bersama Shipment) dan membuat Receipt dari Invoice tersebut. Ketika memroses Receipt maka Inventory akan diperbahurui sebagaimana mestinya














Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA .
Salam ERP


agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia
Baca Juga : Material Management di ADempiere ERP

**Untuk informasi ERP Training / ADempiere Training yang lain silahkan kontak: training@alphamedia.co.id

1 comment:

Invoicing Application said...

I have looking for Invoicing Application that use to bill my customers. I want it free, open source, and web base application so I can host it on my own hosting and access it everywhere. I found out five applications, those are BambooInvoice, Simple Invoices, MyClientBase, Siwapp and Argentum. Read my review of invoicing application .