Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, March 7, 2011

CUSTOM REPORTS di ADempiere

CUSTOM REPORTS di ADempiere

Salah satu yang membuat proses reporting lebih mudah di ADempiere adalah adanya fasilitas untuk meng-Customize laporan sesuai dengan yang kita inginkan. ADempiere mengijinkan anda untuk meng-customize Laporan anda dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan fasilitas ini anda dapat membuat laporan sesuai bentuk yang biasa dilihat oleh user, misalnya saja dengan format laporan bergaya Indonesia.
Didalam laporan, anda dapat merubah unsur-unsur yang berikut:
• Display Order
• Sort Order
• Format Item

--Field, Image , Text, Print Format
--Alignment% Width/Height
--Calculate Sum - Average - Count
--Group by (requires Order by sorting)










Print Format
Buka window Print Format untuk customize Laporan anda dengan meng-klik pada General Rules, Cetak atau atau klik pada tombol Customize Report pada toolbar tentang Report tersebut.


Catatan: Ketika anda membuka Print Format yang menggunakan pilihan menu anda harus menutup dan membuka kembali laporan anda untuk lihat perubahan yang telah dibuat. Jika anda membuka Print Format menggunakan tombol Customize Report laporan anda akan ditampilkan kembali dengan perubahan yang telah anda buat ketika anda menutup Print Format tersebut.

Anda lihat Nama Laporan, Yang sesuai dengan Tabel di mana bidang berada.

Bidang Pandangan Laporan menandai adanya tampilan yang digunakan untuk menghasilkan laporan ini.

Hilangkan pilihan pada Checkbox Form untuk mencetak suatu columnar List Report (Daftar laporan columnar). Centang lah untuk mencetak suatu format. Customizing Format akan dibahas bagian yang berikutnya, Customizing Format. Suatu format mempunyai unsur-unsur individu dengan informasi tataruang (contoh: invoice , cek ). Suatu daftar laporan columnar mempunyai kolom individu ( contoh: daftar invoice atau inventory lines).

Print Table Format menentukan Fonts, Warna dari Tabel yang di print.

Centang Standard Header /Footer checkbox untuk menunjukkan standard dari Header dan Footer yang digunakan. Jika anda tidak ingin menggunakan Header standard, harus secara eksplisit di definisikan.

Print Paper menggambarkan Ukuran, Orientasi Dan Margin (Garis tepi) tentang dokumen tersebut.

Print Font adalah Fonts yang digunakan untuk mencetak. Print Color adalah Warna menggunakan untuk mencetak.

Tombol Copy/Create mengijinkan anda untuk mengcopy suatu Print Format atau menciptakan suatu Print Format baru dari suatu Tabel .

Display Order
Pindahlah ke tab Order untuk merubah tampilan Order dari unsur-unsur pada laporan tersebut dan disesuaikan dengan dengan kebutuhan anda:



Untuk menambahkan suatu elemen kedalam laporan, klik pada daftar Aneka pilihan yang tersedia dan pindahkan ke Daftar Urutan dengan meng-klik pada sisi kanan panah.

Untuk merubah urutan dari suatu unsur dengan menggunakan pilihan panah naik/turun. Untuk mengeluarkan suatu elemen dari Laporan pilihlah dan klik pada panah kekiri. Simpan perubahan anda. Perubahan akan segera berlaku untuk laporan anda berikutnya.

Pindah ke tab Sort Order untuk merubah Urutan order dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda:















Selain itu anda juga dapat mengatur format report, menambahkan logo / Text, mengatur letak field dan lain lain, yang akan coba kita bahas lain waktu.


Jasper Reports
Apabila fasilitas custom report yang ada didalam adempiere masih belum cukup, anda dapat menggunakan custom reports menggunakan Jasper Reports. Dengan menggunakan Jasper Reports anda dapat membuat rancangan laporan yang lebih kompleks, misalnya untuk laporan akuntansi dan perpajakan Indonesia. Untuk membantu perancangan laporan biasanya akan menggunakan bantuan utility yang lain misalnya iReports.
InsyaAllah lain waktu saya akan mencoba menulis tentang membuat laporan menggunakan Jasper Reports dan iReport. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA .


Salam ERP
Agung Budi Santosa
agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia

No comments: