Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Wednesday, May 21, 2008

Compiere or Adempiere?

by : Agung Budi Santosa (agung_bs@yahoo.com)







Pertanyaan tersebut saat ini merupakan salah satu pertanyaan paling populer dikomunitas Compiere maupun Adempiere. Seperti telah kita ketahui bersama, Adempiere lahir dari Compiere versi 2.6.1 , dan sudah mengalami release update beberapa kali hingga versi yang terakhir yaitu 3.40. Sedangkan Compiere Sendiri baru saja melakukan me release versi 3.0 dengan perubahan perubahan yang cukup signifikan. Saat ini antara Compiere dan Adempiere sudah mulai berbeda, masing masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi mana yang sebaiknya dipilih?



Compiere 3 saat ini sudah tidak sepenuhnya free, karena sekarang dibagi menjadi 3 versi yaitu :
1. Community Edition
2. Standard Edition
3. Profesional Edition
(selengkapnya silahkan baca di sini)

Di versi 3.0 ini, ada beberapa perubahan dan perbaikan perbaikan, yaitu
- Instalasi jauh lebih mudah
- Modul RMA
- Tambahan template Financial Report
- Perbaikan performa / kecepatan
- Perbaikan security
- Dan lain lain (termasuk perubahan warna, icon, themes)

Namun untuk Community edition (yang masiuh free), ada beberapa kekurangan, yaitu:
- Tidak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
- Tidak tersedianya PDF exporter (hanya ada versi demo, padahal ini penting sekali)
- Selain database EnterpriseDB, hanya bisa pakai Oracle XE (tidak bisa pakai oracle standard or Profesional)

Jadi jelas sekali kalau kita hanya menggunakan Community Edition, akan mengalami banyak keterbatasan.

Sedangkan Adempiere yang dikembangkan dari Compiere Versi 2.6.1 saat ini memiliki kelebihan2 sebagai berikut:
- Full Feature, anda akan mendapatkan fitur secara lengkap ditambah fitur fitur tambahan yang bahkan tidak ada di Compiere, seperti Posterita, Libero, dll
- Anda dapat menggunakan database PostgreSQL, Selain Oracle
- Dukungan support dari komunitas dan dokumentasi

Kekurangan Adempiere dibanding Compiere 3.0 diantaranya adalah:
- Adempiere adalah turunan dari 2.6.1 dimana performa kecepatannya lebih lambat dibanding Compiere 3.0
- Tidak ada versi berbayar (saya nggak tau ini kelebihan atau kekurangan ya.. hehehe)

sebetulnya masih banyak lagi perbedaan yang kalau ditulis satu persatu bisa sangat panjang. Dan tentu saja banyak pertimbangan pertimbangan yang dapat dipakai untuk menentukan mana yang terbaik untuk Organisasi anda. Dan tentu saja pilihan ada ditangan anda sepenuhnya.
Umumnya, secara singkat cerita, kalau ada yang bertanya kepada saya apakah sebaiknya menggunakan Compiere atau Adempiere, maka saya akan balik bertanya:"Apakah anda berencana untuk membeli Subscribsion (Standard / Proffesional Edition) atau tidak?" Apabila perusahaan anda mempunyai budget untuk itu, tentu membeli subscribtion adalah pilihan yang bijaksana, toh masih lebih murah dari ERP propietary. Namun apabila jawabannya adalah "Tidak", maka pilihan terbaik adalah menggunakan Adempiere.

Bagaimana dengan Support? Untuk Compiere tentu saja tidak usah diragukan lagi. Bagaimana dengan Adempiere? Untuk support dari Adempiere menurut saya juga tidak perlu merasa ragu, karena saat ini sudah banyak rekan rekan dari komunitas maupun profesional yang mampu memberi dukungan teknis kepada anda. Biaya yang cukup besar untuk menjadi Partner Compiere, nampaknya membuat rekan rekan konsultan banyak yang berpindah ke Adempiere. Karena saat ini memang masih tidak terlalu sulit untuk berpindah dari Compiere dan beradaptasi ke Adempiere, serta masih memungkinkan bagi para konsultan untuk "mendua". Namun dalam waktu yang tidak lama lagi sepertinya akan lain ceritanya karena Compiere dan Adempiere makin lama semakin dan semakin berbeda.

Jadi kembali lagi, pilihan ada ditangan anda..

Regards,
Agung BS
agung_bs@yahoo.com

9 comments:

Didit Blogs said...

referensi Tutorial Adempiere nya bisa diakses dimana P Agung, kedepannya apa akan seperti compiere juga, akhirnya banyak bayarnya. :)

Rio said...

Untuk mempelajari ADempiere sptnya lbh cepet dibandingin Compiere..

Dokumentasi untuk ADempiere lebih berlimpah dibandingin Compiere..!

Awalnya kenal dengan software ERP, juga dengan ADempiere. Instalasinya malah gw anggap lebih gampang dibandingin ama Compiere!!

Krn gak bs instal Compiere selama seminggu, waktu gw kebuang hanya buat nyari2 penyebabnya..

Padahal di ADempiere, dengan membaca tutorialnya selama sejam setelah itu dah berhasil menginstall ADempiere.

Cuman sayang aj, pada saat mencoba ADempiere gw blm tau terminologinya dan juga interfacenya kurang user-friendly.

Just my litle opinion!

Agung B Santosa said...

Mas Didit,
Tutorial ADempiere bisa di akses di www.adempiere.org, sebenernya masih banyak kesamaan kok dengan compiere, jadi pakai tutorial compiere masih bisa juga untuk acuan, meskipun tidak 100%.
Untuk Mas Rio,
sebenarnya kalau anda perhatikan di tutorial saya, sudah dijelaskan bahwa untuk install database Compiere harus connect ke internet, karena ketika membuat database, installer akan mengontak compiere.com, sebenernya ini ditujukan untuk compiere yang bayar (std/prof edition), tapi karena source code nya sama, ya yg Community edition kena imbas nya juga. Di tutorial saya juga saya jelaskan bagaimana cara install, tanpa harus connect ke internet.

Salam,
Agung

Agung B Santosa said...

Oh ya,

ada yang kelupaan. ADempiere apa kedepannya bakal bayar juga?
Rasanya agak sulit ya, karena ADempiere sendiri yang mendirikan adalah komunitas programmer dari berbagai negara, bukan sebuah perusahaan seperti halnya Compiere.
Jadi saya yakin, adempiere kedepannya tidak akan dikomersialisasi.
salam,
agung

Anonymous said...

Salam kenal Pak Agung,

Terima kasih atas pembahasan mengenai Compiere sebelummnya. Saya tertarik dengan Compiere ini, namun ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
- apakah sudah banyak company-company di Indonesia yang pakai Compiere ?
- apakah ada buku belajar Compiere berbahasa Indonesia yang lengkap (saya sudah download punya Pak Agung dan ternyata bersambung) ?
- Apakah Bapak mempunyai panduan studi kasus suatu company yang dari manual system beralih ke automatic system dengan Compiere ?

Terima kasih atas informasinya.

Salam,
Steve

Armen said...

Hallo Pak Agung,

Boleh juga nih blognya. :-)

Saya bagian dari tim developer Adempiere, mungkin boleh ikut nimbrung sedikit.

#1 Adempiere bayar tidak ?
Proyek Adempiere adalah proyek open-source berbasiskan komunitas. Kebijakan yang diambil di dalamnya senantiasa mencerminkan dinamika yang terjadi di dalam komunitasnya dan tidak dapat dilakukan secara sepihak (i.e. ada company dibelakangnya). Jadi tidak mungkin Adempiere menjadi aplikasi komersil.

Adempiere beserta wiki, tutorial, video, dokumentasi, test-drive website, dll tersedia berkat kontribusi komunitasnya. Jika anda dapat mempelajari dan memakai Adempiere dari informasi-informasi tersebut, maka anda tidak perlu membayar apa-apa, kecuali biaya internet, listrik yang anda keluarkan untuk browsing dan download. Tetapi apabila anda sebuah perusahaan yang tidak mau mengambil resiko, dan karena ini juga bukan bidang spesialisasi anda, maka anda dapat menyewa jasa konsultan Adempiere professional untuk membantu anda.

Mengutip Red1, pimpinan Adempiere sedunia, "Information is FREE, you have to know. People are NOT, you have to pay. Contributors are PRICELESS, you have to be."

#2 Pengembangan Adempiere
Sebagian besar komunitas Adempiere adalah ex-partner atau konsultan Compiere yang mengerti betul kekuatan dan kelemahan aplikasi tersebut. Karena itu pula kami tahu benar apa yang harus kami lakukan. Sejak dibentuk tahun 2006, Adempiere sudah banyak menambahkan fitur-fitur baru yang hampir seluruhnya mendahului Compiere, seperti dukungan terhadap database Postgresql, RMA, Fixed Asset, Payroll dan Manufacturing. Cuma di area WebUI saja kami sempat tertinggal tetapi ini sudah terpenuhi dengan dirilisnya ZKWebUI di Adempiere 352a. Kami juga membenahi ratusan bugs yang kami wariskan dari "ibu" kami itu.

#3 Lokalisasi
Lokalisasi Adempiere untuk Indonesia juga sudah tersedia mulai dari source codes, language pack hingga chart of account di:

http://www.adempiere.com/wiki/index.php/Localization_Projects#Indonesia

http://adempiere.svn.sourceforge.net/viewvc/adempiere/contributions/Localizations/Indonesia

Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi komunitas lokal untuk berkontribusi di dalamnya.

Salam,

Armen Rizal
goodwill.co.id

Agung B Santosa said...

Halo pak Armen,

Terima kasih sudah mau mampir kesini.
Boleh dong bagi bagi cerita tentang lawatannya ke malaysia.

Thanks
Agung

Rhano said...

Kalau Starprise itu versi berbayarnya adempiere ya pak?

Agung B Santosa said...

Starprise itu ADempiere dengan indonesia localization, dipelopori oleh pak Armen (Goodwill consulting), namun filenya belum di release, kecuali language pack dan mungkin bbrp report versi Indonesia

salam,
Agung