Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Tuesday, August 21, 2018

APA SIH KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SISTEM ERP?

Ada Beberapa keuntungan yang sangat menonjol pada Enterprise Resource Planning(ERP). Dimana ERP telah digunakan untuk memecahkan sejumlah masalah yang sering dialamai Perusahaan Enterprise di masa lalu. Pada saat yang sama, ini juga bukan sesuatu yang tanpa sejumlah kerugian. 
Mampu menimbang keduanya (keuntungan dan kerugian) akan memungkinkan perusahaan untuk memutuskan apakah solusi ini dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan tepat (atau tidak).

Pertama-tama harus dicatat bahwa perusahaan yang gagal menggunakan sistem seperti ERP mungkin menemukan diri mereka menggunakan berbagai paket perangkat lunak yang bisa jadi tidak berfungsi dengan baik anatara satu sama lain. Dalam jangka panjang, ini bisa membuat perusahaan kurang efisien (dari kemampuan perusahaan yang seharusnya).

Ada sejumlah proses yang mungkin perlu diintegrasikan oleh sebuah perusahaan. Salah satu proses ini disebut rekayasa desain. Ketika sebuah perusahaan sedang dalam proses mendesain suatu produk, proses untuk menciptakannya sama pentingnya dengan hasil akhirnya. ERP dapat berguna dalam membantu perusahaan menemukan proses desain terbaik. Disisi lain ERP dapat berguna untuk melakukan tracking/pelacakan data Order/penjualan. Ketika sebuah perusahaan menerima pesanan untuk suatu produk, dapat melacak pesanan dengan benar yang mana memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi rinci tentang pelanggan dan strategi pemasaran mereka. Jika paket perangkat lunak yang berbeda digunakan, data ini bisa jadi tidak konsisten.

Mungkin salah satu keuntungan paling penting dari ERP adalah aplikasi akuntingnya. Ini dapat  mengintegrasikan informasi biaya, laba, dan pendapatan dari penjualan , dan dapat disajikan dengan cara yang terperinci. Enterprise Resource Planning(ERP) juga dapat bertanggung jawab untuk mengubah bagaimana suatu produk diproduksi. Struktur jadwal dapat diatur yang dapat emungkinkan perusahaan untuk mengetahui kapan produk mereka harus diperbarui. Ini penting, karena ini akan memungkinkan perusahaan untuk melacak produk mereka dengan lebih baik, dan dapat emungkinkan produk itu sendiri diproduksi dengan tingkat kualitas yang lebih tinggi. Bidang lain di mana ERP dapat menjadi alat yang sangat diperlukan adalah bidang keamanan. Ini dapat melindungi perusahaan terhadap kejahatan seperti penggelapan atau spionase industri.

Namun, dengan semua kelebihan yang ditawarkan ERP, ada sejumlah kerugian juga. Mungkin salah satu kelemahan terbesar untuk teknologi ini adalah "biayanya". Pada saat ini, hanya perusahaan besar yang benar-benar dapat memanfaatkan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi ini. Ini menyisakan sebagian besar usaha kecil dan menengah dalam kegelapan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tantangan terbesar yang akan dihadapi perusahaan ketika mencoba untuk menawarkan mengimplementasikan ERP dengan investasi. Karyawan harus terus dilatih tentang cara menggunakannya, dan penting juga bagi perusahaan untuk memastikan integritas data terlindungi.

Menurut Anthony, R. A, proses organisasi jatuh ke dalam tiga level - perencanaan strategis, kontrol manajemen dan pengendalian operasional. Meskipun banyak keberhasilan ERP telah memfasilitasi koordinasi operasional antar departemen fungsional, penerapan sistem ERP yang sukses menguntungkan perencanaan strategis dan pengendalian manajemen dengan cara apa pun.

Membantu mengurangi biaya operasi

Perangkat lunak ERP berusaha mengintegrasikan proses bisnis lintas departemen ke satu sistem informasi perusahaan. Manfaat utama dari ERP adalah peningkatan koordinasi antar departemen fungsional dan peningkatan efisiensi dalam melakukan bisnis. Manfaat langsung dari penerapan sistem ERP yang dapat kita harapkan adalah berkurangnya biaya operasi, seperti biaya pengendalian persediaan yang lebih rendah, biaya produksi yang lebih rendah, biaya pemasaran yang lebih rendah, dan biaya dukungan meja bantuan yang lebih rendah.

Memfasilitasi Manajemen Sehari-Hari

Manfaat lain dari penerapan sistem ERP adalah fasilitasi manajemen sehari-hari. Implementasi sistem ERP memelihara pembentukan gudang data tulang punggung. Sistem ERP menawarkan akses yang lebih baik terhadap data sehingga manajemen dapat memiliki akses ke informasi terkini untuk pengambilan keputusan dan kontrol manajerial. Perangkat lunak ERP membantu melacak biaya aktual kegiatan dan melakukan aktivitas berdasarkan biaya.

Mendukung Perencanaan Strategis

Perencanaan Strategis adalah "serangkaian langkah yang disengaja yang menilai kebutuhan dan sumber daya, menetapkan target audiens dan serangkaian tujuan dan sasaran, merencanakan dan merancang strategi terkoordinasi dengan bukti keberhasilan, secara logis menghubungkan strategi-strategi ini dengan kebutuhan, aset, dan hasil yang diinginkan, dan mengukur serta mengevaluasi proses dan hasilnya. " Bagian dari sistem perangkat lunak ERP dirancang untuk mendukung bagian perencanaan sumber daya dari perencanaan strategis. Pada kenyataannya, perencanaan sumber daya telah menjadi mata rantai terlemah dalam praktik ERP karena kompleksitas perencanaan strategis dan kurangnya integrasi yang memadai dengan Sistem Pendukung Keputusan (DSS).

Keuntungan Kebijaksanaan industri

Sektor Manufaktur Mempercepat seluruh proses.Distribusi dan toko ritel Mengakses status barang Sektor Transportasi Mengirimkan komoditas melalui transaksi online. Industri Layanan Proyek Mengisi kompilasi laporan. Keuntungan dan kerugian dari ERP paling baik dipahami dengan mempelajarinya di bawah kategori yang berbeda. Maka paragraf berikutnya menyajikan informasi tentang perusahaan secara keseluruhan karena keunggulan sistem ERP dalam suatu perusahaan berbeda jika dibandingkan dengan industri.

Keuntungan dalam entitas perusahaan
Personil departemen akuntabilitas dapat bertindak secara independen. Mereka tidak harus berada di belakang orang-orang teknis setiap saat untuk mencatat transaksi keuangan. Memastikan pemrosesan informasi lebih cepat dan mengurangi beban dokumen. Layani pelanggan secara efisien dengan cara respons cepat dan tindak lanjut. Membuang pertanyaan segera dan memfasilitasi pembayaran dari pelanggan dengan mudah dan jauh sebelum batas waktu yang ditetapkan. Ini membantu dalam memiliki katakanlah atas pesaing Anda dan beradaptasi dengan keinginan dan naksir pasar dan fluktuasi bisnis. Pergerakan cepat barang ke daerah pedesaan dan di tempat yang kurang dikenal kini menjadi kenyataan dengan penggunaan ERP. Basis data tidak hanya menjadi ramah pengguna tetapi juga membantu menghilangkan ambiguitas yang tidak diinginkan. P cocok untuk operasi global karena mencakup semua jargon domestik, konversi mata uang, standar akuntansi yang beragam, dan fasilitas multibahasa. Singkatnya itu adalah komersial sempurna dan lambang ilmiah dari ayat "Think Local. Act Global". ERP membantu mengontrol dan data dan memfasilitasi kontak yang diperlukan untuk memperoleh yang sama.

----------------------
adempiere.web.id
----------------------

No comments: