Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Wednesday, June 11, 2008

ADEMPIERE 3.5.1 Alpha Release

Adempiere 3.51 alpha release









Saat ini Adempiere sudah mengeluarkan alpha release untuk Versi 3.51, dimana ADempiere 3.5.1a memiliki beberapa modul modul tambahan yang sangat penting, diantaranya adalah Libero Manufacturing dan Human Resource (keduanya kontribusi dari eevolution.com), selain Fixed Asset, Replication, Integration process dan New function nextidfunc added. Modul modul semacam ini bahkan saat ini belum tersedia di Compiere sebagai induk dari Adempiere, dimana ini menunjukkan bahwa dari sisi kelengkapan modul ADempiere telah jauh meninggalkan Compiere. Akankah ADempiere mengalahkan Compiere sebagai pendahulunya?

Beberapa kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh ADempiere 3.51 adalah :
- Manufacturing Management
- Human Resource and Payroll
- Fixed Assets
- Replication
- New function nextidfunc added
- Integration Process


1. Manufacturing Management.


Modul Manufacturing merupakan modul yang ditunggu tunggu oleh kalangan industri, dimana kita ketahui Compiere dan Adempiere versi sebelumnya belum memiliki Manufacturing Management, sehingga ketika di implementasikan pada perusahaan Manufaktur masih akan memeperlukan pekerjaan manual dari sisi produksi. Dengan adanya Modul Manufacturing Management ini maka dalam waktu tidak lama lagi Industri Manufaktur sudah dapat memiliki solusi ERP yang cukup lengkap dari ADempiere yang bebasis Opensource ini.

Modul Manufacturing Management yang merupakan contribusi dari eevolution ini dilengkapi dengan fitur fitur yang cukup lengkap seperti:
- Engineering Management
- Planning Management
- Production Management
- Distribution Management
- Quality Management
- Standard Costing Management


MRP Calculation & ECN











MRP Calculation

Dimana dengan fitur fitur diatas anda bisa melakukan berbagai aktivitas dibidang produksi seperti melakukan Engineering Change Notice (ECN), Material Requirement Planning (MRP), Capacity Requirement Planning (CRP), DRP (Distribution Requirement Planning), Shop Floor Control, Maintenance Management, hingga melakukan product costing.

Mengingat begitu banyak dan kompleks nya modul Manufacturing, insya Allah kalau ada waktu nanti saya akan menulis lebih banyak lagi tentang Modul Manufacturing Management ini.

CRP Setup & DRP Setup



















Shop Floor Control













2. Human Resource and Payroll


Modul Human Resource and Payroll juga merupakan salah satu modul yang dinantikan para pengguna adempiere, dengan adanya modul ini maka proses management karyawan dan payroll/penggajian tidak perlu dibuat secara terpisah dengan aplikasi ERP. Sehingga cukup dengan satu aplikasi ERP dan sudah memberikan solusi kepada hampir semua kebutuhan dari semua Departemen dari perusahaan. Meskipun pada penerapannya mungkin perlu beberapa modifikasi dikarenakan aturan ketenaga kerjaan yang berbeda dari masing masing negara. Demikian juga untuk penerapan di Indonesia, mungkin salah satu yang harus dipersiapkan misalnya membuat format cetak untuk laporan pajak PPH-21, formula perhitungan Pajak, Jamsostek, dll.

3. Fixed Assets

Modul Fixed Assets merupakan modul yang sering ditanyakan oleh para pengguna Adempiere setelah modul Manufacturing dan Payroll. Dengan adanya modul ini, maka pengguna Adempiere tidak perlu lagi membeli software khusus untuk merawat fixed asset perusahaan.

4. Replication
Replication merupakan utility yang memungkinkan kita melakukan replicate data / export import data dengan lebih mudah. Dengan fasilitas ini, maka misalnya anda memiliki 38 Store dan masing masing memiliki Adempiere dan postgreSQL di server local dengan internet 12kbps. Store store tersebut akan tetap mampu beroperasi ketika mereka tidak online/tersambung internet. Ketika mereka online maka store akan secara otomatis melakukan replication dengan Server Pusat.

5. New function nextidfunc added

Fasilitas ini adalah untuk migrasi dari versi sebelumnya, maupun dari Compiere. Dengan adanya fasilitas ini maka akan dengan mudah untuk melakukan migrasi ke Adempiere.

6. Integration Process

Fasilitas ini adalah untuk melakukan proses integrasi. Fasilitas ini di sponsori oleh Idalica, salah satu contributor ADempiere.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . Regards,
agung
agung_bs@yahoo.com
===========


Joint FB Forum: ADempiere Indonesia & IDempiere Indonesia Study group

16 comments:

ASEP said...

Pak, bagus banget ulasannya, mohon dipercepat penerbitan buku Adempiere-nya, saya dari dulu masih penasaran dengan Adempiere,install-nya saja belum berhasil.
Kapan ada trainning lagi pak, untuk daerah jakarta dan sekitarnya, tolong dikasih kabar.

Salam

Asep A.

asephakim said...

Perkenalkan nama saya Asep Hakim IT Supervisor, Ulasan bagus sekali banyak membantu saya. saya lagi explor Adempiere untuk keperluan textile manufaturing, Apakah memungkinkan Adempiere untuk implementasi bisnis tersebuat.

Agung B Santosa said...

Pak Asep,
senang berkenalan dengan anda. Tentu saja ADempiere dapat diimplementasikan di bisnis Textile maupun garment. Ada fungsi fungsi yang mendukung bidang bisnis tersebut. Salah satu diantaranya misalnya adalah adanya Product Attribut pada material management, dimana dengan item yang sama anda dapat memberi berbagai attribute misal warna, ukuran, dll.

Rio said...

Ehmm...

Setelah jungkir balik nyari support implementasi Compiere, sepertinya muter stir ke ADempiere akan lebih baik...

Rupiah just for consultant...


Hohohoho.... ;)

Anonymous said...

pak agung,

sy ada masalah pd saat migrasi data dan adempiere dari versi 320 custom starprise ke versi 342s, oleh krn kesulitan ini sy berencana melakukan cut off..

kira2 gmna yah pak jalan terbaik untuk melakukan cut off dan export/import data produk/price/bisnis partner dan ubah logo di report2 pd adempiere versi 342s??

terimakasih..

Andi Sulaiman

Agung B Santosa said...

Pak Andi,
Apabila anda melakukan CutOff, in akan seperti implementasi baru, dalam arti anda harus meng export seluruh data dan transaksi, untuk kemudian di import kembali. Demikian juga untuk report report anda harus menyusun kembali dan merubah logo.
Hal ini baik apabila anda juga bermaksud memperbaiki system anda, dalam arti sekaligus melakukan re-engineering dan perbaikan perbaikan dari system sebelumnya.
Semoga membantu.

dheeaz said...

Hai Pak..
Waah,artikelnya bagus2..kebetulan saya termasuk penggemar Adempiere,yang masih terus berkembang. Hampir dua tahun saya mengimplementasikan Adempiere di perusahaan stamping dan manufaktur.
Pak,tlg dunk ulas Adempiere 3.5.1 lebih detail lagi. Saya masih penasaran dengan versi yang baru ini.
Terimakasih banyak..:-)

Agung B Santosa said...

@dheeaz:insya Allah saya akan terus menulis dan mengulas kelebihan dari fitur fitur yang baru. Saat ini versi sudah sampai versi 3.54a rencananya kalau sudah stable akan menjadi versi 3.60s. Versi Stable artinya sudah boleh digunakan pada lingkungan produksi.

Tommy said...

Pak, untuk module manufacturing di adempiere, apa ada tutor/buku nya ?

Agung B Santosa said...

Module manufacturing belum ada yang menyediakan tutorialnya, terutama yang free.

Salam,
Agung

Anonymous said...

Pak.. mw bisa gak ditulis deskripsi dari tiap module yg dimiliki adempiere?
makacie pak

Caesar said...

Pak Bagus, saya sangat tertarik dengan adempiere, apakah ada versi webnya dan bahasa pemrograman yg di pakai apa ? kemudian apabila saya ingin mengimplementasikan adempiere, apa saja yg harus saya persiapkan & file apa saja yg harus saya download sebagai penunjang adempiere "standard", thanks pak

Agung B Santosa said...

@Caesar

Adempiere mendukung koneksi via client maupun web, jadi sekali install anda langsung bisa menggunakan client desktop maupun web.

Bahasa pemrograman yang dipakai adalah Java J2EE. Setelah anda mendownload dan install sudah ada database contoh (Gardenworld) yang bisa digunakan untuk ujicoba dan belajar.

Salam,
Agung

Caesar said...

terimakasih pak agung,

Saya sudah berhasil meng install adempiere 360lts di local computer.
namun saya gagal untuk masuk ke dalam web UI nya, pada contoh yang saya dapatkan bisa di akses melalui http:///admin
kenapa ya pak ?
kemudian saya berniat untuk memodifikasi/menambahkan fitur atau modul sesuai dengan kebutuhan kantor. apakah adempiere di bangun menggunakan java framework tertentu ? kalau iya, menggunakan framework apa pak ?

salam,

Armstrong said...

Pak Agung, jadi ini bisa langsung di download via web ya adempiere nya?
makasih pencerahannya pak?

Agung B Santosa said...

Untuk download aplikasi silahkan ke :
www.sourceforge.net/project/adempiere