Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Thursday, September 11, 2008

Costing di Compiere

Apa itu Costing?

Costing sering diterjemahkan sebagai biaya biaya. Untuk memahami tentang costing marilah kita coba mengeluarkannya dari keadaan bisnis anda. Tanpa adanya Costing maka kegiatan bisnis anda menjadi lebih mudah dan simple. Misalnya anda memesan product, menerimanya kedalam warehouse dan mendapatkan invoice (tagihan). Kemudian anda melakukan pembayaran terhadap produk anda, dan kemudian anda menjualnya serta mendapatkan keuntungan dari penjualan anda. Tidak ada tambahan biaya seperti freight (ongkos kirim) atau handling (pengangkutan), dan anda tidak menerima (maupun memberi) diskon, potongan harga dll.


Sehingga misalnya anda membeli product seharga Rp 1.000,- dan kemudian menjualnya Rp 1.200,- maka keuntungan anda adalah Rp 200,- untuk tiap barang yang anda jual. Apabila anda bisa menjual 1000 pcs, maka total keuntungan anda adalah Rp 200.000,-. Sederhana bukan?

Kondisi bisnis yang sesungguhnya adalah sangat berbeda. Mungkin anda perlu membayar biaya pengiriman untuk setiap pembelian barang, atau mungkin juga ada special handling yang harus dimasukkan kedalam cost.
Anda bisa saja suatu ketika menerima invoice untuk product sebelum anda menerima product itu sendiri. Atau bahkan Product bisa dijual sebelum anda memiliki tagihan pengiriman dari perusahaan jasa pengiriman. Faktor factor tersebut serta beberapa faktor lain dapat mempengaruhi ke-akuratan dari cost anda.

Untuk me-manage costs (biaya biaya) secara effective, anda harus mengetahui cost-cost untuk semua products yang anda jual pada level transaksi. Cost-cost ini bisa juga termasuk biaya non material seperti freight (pengiriman), overhead (biaya produksi) , dll. Ini mengijinkan anda untuk menentukan actual cost yang berhubungan dengan tiap product dan kemudian keuntungan dari penjualan nya. Anda juga bisa men-track cost-cost dari product-product anda secara akurat untuk penggunaan secara internal.

Fungsi Costing di Compiere adalah flexible dan comprehensive. Anda dapat menyusunnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda yang berbeda beda. Detail dan level dari costs yang mana anda track sepenuhnnya terserah kepada anda. Anda dapat memiliki beberapa metode costing secara paralel. Ini bisa termasuk Standard costs dan Actual costs dan mereka bisa disusun dari Material dan non-Material costs.
Hal yang penting untuk diingat adalah: untuk menentukan secara akurat dari setiap Costs akan menyita banyak waktu dalam hal mencatat dan mengalokasikannya kedalam cost. Mungkin ada kondisi dimana usaha untuk mengumpulkan dan mengalokasikan beberapa costs (misal electricity usage) bisa lebih besar dari pada manfaat dari mencatat cost-cost tersebut.

Costing Setup di Compiere Cost Type
Cost type (Jenis biaya) adalah digunakan untuk mengelompokkan cost berdasarkan jenisnya. Cost Type mengijinkan anda untuk membedakan biaya biaya yang akan di catat dan di track (dilacak). Untuk mendefinisikan Cost Type Buka window Cost Type di Costing > Cost Type:

Cost Element

Cost Elements mengijinkan anda untuk mendefinisikan item yang berbeda yang akan menyusun cost anda . Anda dapat mendefinisikan nomor Cost Elements, harap diingat bahwa beberapa akan memerlukan perawatan secara manual.
Untuk mendefinisikan Cost Element Buka window Cost Element di Costing > Cost Element:

Account schema

Selain mendefinisikan Rule / aturan atau parameter untuk posting dokumen, Di window Accounting Schema kita kita juga akan mendefinisikan Costing Method (metode biaya), Costing Type (jenis biaya) dan Costing Level (tingkatan biaya). Compiere akan mengkalkulasi semua Material Cost Elements yang telah anda definisikan akan tetapi Costing Method ini yang dipilih di Accounting Schema yang akan digunakan ketika posting. Untuk merubah Accounting Schema Buka window Accounting Schema di Financial Management > Accounting Rules > Accounting Schema:

Product Category

Anda dapat mendefinisikan Material Policy berbeda untuk Product Category tertentu. Anda bisa memiliki Material Policy dari LIFO
Anda juga dapat menentukan bahwa Product Category tertentu yang mana meliputi item-item yang mudah rusak menggunakan Material Policy dari FIFO.
Untuk merubah Product Category Buka window Product Category di Material Management > Material Management Rules > Product SetUp > Product Category:











Dikutip dari Panduan Belajar Compiere.

By: agung_bs@yahoo.com

==================

Baca Tutorial Selanjutnya -> Import Business Partner

1 comment:

silvia said...

selamat malam.
bapa,saya silvia.
saya ingin bertanya mengenai faktur.
faktur berhubungan dengan pembayaran dan pesanan maupun pengiriman barang.
ada beberapa jenis mekanisme faktur yaitu banyak faktur untuk satu pesanan, banyak pesanan dalam satu faktur, banyak pembayaran untuk satu faktur, dan satu kali pembayaran untuk satu kali faktur.
maksud dari mekanisme faktur tsb bagaiamana ya pa?
terima kasih.