Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Saturday, September 20, 2008

Compiere Goes To CAMPUS

Compiere @ UKSW

Kalau ada perguruan tinggi yang mengadakan workshop tentang Compiere ERP&CRM, itu sudah biasa. Tapi kalau ada perguruan tinggi yang memasukkan Compiere sebagai bagian dari matakuliahnya, ini baru luar biasa!!
Acungan jempol patut diberikan kepada Fakultas TI UKSW Salatiga yang bertekad untuk mengajarkan Compiere ERP&CRM sebagai bagian dari matakuliah ERP&CRM. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mempunyai wawasan terhadap sistem untuk perusahaan level Enterprise.
Bagaimana dengan Perguruan tinggi lain??


Kehadiran Compiere Sebagai Opensource ERP ternyata tidak hanya menarik minat para pelaku IT maupun pelaku Bisnis, Namun juga para pelaku dunia Pendidikan. Dewasa ini banyak perguruan tinggi yang mulai melirik Compiere untuk dijadikan salah satu materi pelajaran mereka terutama untuk mendukung matakuliah ERP dan CRM. Dengan menguasai Compiere diharapkan Mahasiswa nantinya akan mendapat bekal pengetahuan serta konsep aplikasi untuk perusahaan kelas Enterprise, disamping itu dengan sifatnya yang opensource diharapkan setelah lulus nanti para mahasiswa dapat lebih mudah mengimplementasikan Compiere ERP&CRM dimanapun nantinya mereka bekerja, untuk mendukung efisiensi di perusahaan tempatnya bekerja. Atau, bisa jadi ada mahasiswa yang lebih tertarik sebagai Konsultan ERP khususnya Compiere, mengingat peluang kerja sebagai konsultan ERP masih sangat luas.


Dengan alasan alasan tersebut diatas UKSW Salatiga yang merupakan salah satu Universitar terbesar di jawa tengah, bertekat membekali mahasisa FTI (Fakultas Teknologi Informasi) dengan penguasaan Compiere ERP&CRM. Menurut Bp. Johan, salah satu pengajar FTI UKSW, saat ini mahasiswa banyak terfokus pada pengembangan software yang bersifat lokal dan sempit, misalnya pengembangan sistem informasi bengkel, minimarket, koperasi dan lain lain.


Dengan mengenalkan Compiere diharapkan mahasiswa dapat memiliki wawasan yang lebih luas dalam implementasi Aplikasi pada perusahaan besar dengan multi organsisasi, multi bahasa, dan multi currency. Disamping itu Compiere yang di bangun dengan platform Java sesuai dengan FTI UKSW yang juga menggunakan platform Java dalam pembelajaran dan pengembangan software.


Untuk tujuan tersebut pada tanggal 19&20 September 2008 telah dilaksanakan pelatihan untuk dosen dosen serta asisten dosen khususnya untuk pemegang matakuliah ERP&CRM. Dan selanjutnya akan di ikuti dengan kegiatan kuliah umum dan workshop untuk mahasiswa yang rencananya akan diadakan pada bulan oktober 2008. Disamping itu atas usul kami, akan dibentuk juga kelompok studi Compiere UKSW. Dengan adanya kelompok studi Compiere, diharapkan proses belajar lebih cepat dan comprehensive.

Pada kegiatan training ini, hampir semua topik yang ada didalam buku "Panduan Belajar Compiere, dari Instalasi hingga Implementasi" dibahas. Dan setiap peserta langsung mencoba di komputer masing masing. Meskipun materi terasa padat, namun bisa didukung dengan buku panduan yang menerangkan step-by-step, sehingga apabila ada peserta yang ketinggalan masih bisa melihat dari penjelasan di buku.

Jadi perguruan tinggi mana lagi yang akan menyusul jejak UKSW??

Regards,
================
by : Agung Budi Santosa (agung_bs@yahoo.com)

NOTE:
Gambar
Buku Panduan Belajar Compiere

Ketika menerima buku setebal lebih dari 620 halaman ini, peserta training ada yang bertanya: "wah kok tebal sekali bukunya? ini sudah lengkap ya pak?"
Dan saya jawab: "Belum, kalau mau lengkap mungkin sekitar 10 buah buku seperti ini baru bisa menerangkan dengan lengkap semua fungsi dan fitur yang ada di dalam Compiere. Namun, buku ini insya Allah sudah meng-cover hampir semua topik yang ada, dan yang penting bisa dijadikan sebagai panduan yang baik untuk belajar Compiere!"


No comments: