Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Sunday, October 12, 2008

How Low Can You Go..?

Berapa Spec minimal PC yang dibutuhkan untuk menginstall Compiere?
Apakah harus dengan computer ber Processor 64bit? Dual Core? Pentium4?
Bagaimana dengan Komputer Pentim 3, Pentium 2, atau bahkan mungkin Pentium 1?

Dibeberapa artikel menyebutkan bahwa spek computer untuk menjalankan Compiere “sebaiknya” adalah computer dengan processor Pentium4 keatas. Kata “sebaiknya” artinya adalah Compiere dapat cukup enak digunakan dan tidak terlalu lambat untuk berjalan diatas computer dengan processor Pentium4 atau lebih tinggi.
Bagaimana dengan computer dengan processor dibawahnya?

Penggunaan komputer dengan spec rendah untuk menjalankan software ERP pada lingkungan production jelas tidak disarankan mengingat ERP seperti Coompiere adalah software yang sangat kompleks dan membutuhkan resource yang besar. Namun menginstall Compiere dikomputer lama dengan tujuan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai untuk tujuan belajar (dari pada harus beli komputer baru) layak untuk dicoba...

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menginstall Compiere 3.0 diatas Laptop IBM X20 dengan processor Pentium 3 - 600MHz dan Ram 512MB milik kakak saya, meskipun ada yang berkomentar dengan menyebut saya “Nekad” namun kenyataanya laptop tersebut bisa di install dengan mulus dan digunakan untuk eksplor dan bahkan sedikit presentasi beberapa fitur dan keunggulan Compiere :)

Berikutnya saya tergoda untuk berkesperimen lagi ketika melihat sebuah Laptop tua, karena kebetulan saya punya laptop tua IBM ThinkPad 600E dengan processor Pentium 2 - 366MHz dan RAM aslinya hanya 128MB. Saya ingin menginstall Compiere 3.1 (versi terakhir) di laptop ini.

Untuk tujuan tersebut Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengupgrade memory, karena RAM 128 Jelas tidak akan mencukupi. Memory bawaan dari ThinpPad 600E ini adalah 2X64MB, kebetulan saya punya memory sdram 256MB dan 512MB. Namun sayang sekali ternyata memory 512MB saya tidak terdetek di ThinkPad 600E tersebut. Akhirnya saya hanya pasang yang 256MB satu keping, sedangkan yang satu lagi masih menggunakan 64MB asli bawaannya. Akhirnya total RAM yang terpasang adalah 320MB.

Selanjutnya saya install Win XP Sp2 di laptop tersebut (bawaannya adalah win ME). Dilanjutkan dengan install Oracle XE. Paada saat install Oracle XE memakan waktu cukup lama, sekitar 40an menit. Dan dilanjutkan dengan install JDK6, yang juga memakan waktu cukup lama, mungkin sekitar 15-20 menit. Akhirnya terakhir saya install Compiere 3.1. Setelah menunggu waktu cukup lama, bahkan sampai saya tertidur (karena ngerjainnya malam hari) sehingga saya tidak tau persis berapa waktu yang digunakan untuk install Compiere 3.1 ini. Ketika subuh pagi hari bangun, saya lihat di laptop IBM Pentium 2 saya sudah terintall “COMPIERE 3.1” !!

Apakah lambat?? tentu saja lebih lambat dibandingkan dengan komputer yang memiliki spec lebih tinggi, namun kalau hanya untuk tujuan belajar dan eksplorasi ya.... not so bad lah....

Berikut ini adalah beberapa snapshot yang saya ambil.
































Jadi, meskipun anda punya PC pentium3 atau 2, jangan takut untuk mencoba menginstall Compiere!!

by : agung_bs@yahoo.com
===================

No comments: