Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Friday, May 15, 2009

ADempiere Untuk Dealer Mobil

ADempiere untuk Dealer Mobil

Setiap jenis bisnis adalah unik, demikian juga dengan bisnis jual beli mobil atau dealer mobil. Compiere ERP & CRM atau ADempiere tidak bisa secara langsung di implementasikan kedalam usaha jual beli / dealer mobil. Untuk itu diperlukan sedikit modifikasi atau kustomisasi agar Compiere / Adempiere dapat digunakan pada jenis usaha ini dengan lebih pas dan nyaman. Disinilah keuntungan menggunakan open source software dimana kita bisa melakukan perubahan sesuai kebutuhan kita.

Pada kesempatan ini saya ingin mengupas sedikit, tentang hal hal apa saja yang perlu dicermati dan atau perlu dikustomisasi ketika kita menggunakan ADempiere untuk perusahaan yang bergerak pada usaha dealer Mobil.

PRODUK
Didalam bisnis mobil, setiap produk adalah unik, dimana setiap mobil memiliki identitas khusus seperti Nomor Polisi, Nomor Rangka, dan Nomor Mesin tertentu yang berbeda satu sama lain. Hal ini selain berguna sebagai identitas dari mobil juga berguna untuk memeriksa keabsahan dari mobil yang akan di jual / dibeli.Untuk itu diperlukan kustomisasi berupa beberapa tambahan field pada pada windows produk agar dapat mengakomodasi kebutuhan tersbut,dimana cara kustomisasi bisa dilihat disini

















Dari windows diatas bisa kita lihat bahwa pada bagian bawah ada tambahan beberapa field baru seperti diungkapkan diatas, Yaitu pada field field berikut:



Field field tersebut adalah:
1. Tahun pembuatan Mobil
2. No. Rangka
3. No. Mesin
4. No. Polisi

















ATTRIBUT


Selain tambahan field tersebut, kita juga perlu melakukan setting attribut, dimana kita tahu bahwa pada produk mobil ada beberapa variance yang diataranya adalah warna mobil. Dengan melakukan setting attribut kita bisa memilih warna mobil sehingga akan memudahkan dalam pencarian produk dengan warna tertentu.

Untuk itu kita perlu melakukan seting Attribut Set dan Attribut Set instance.

















Tidak terbatas pada hal itu saja, Kustomisasi juga bisa anda lakukan secara lebih detil, misalnya saja anda membuat parameter baru untuk model kendaraan dan lain lain.















WAREHOUSE
& LOCATOR
Dealer mobil umumnya memiliki beberapa lokasi penyimpanan produk misalnya garasi, bengkel, atau showroom, dimana garasi mungkin lebih dari satu dan showroom bisa jadi lebih dari satu ataupun berbeda tempat / lokasi.

Untuk itu kita harus menyiapkan beberapa warehouse yang nantinya bisa mewakili tempat tempat yang telah disebutkan diatas.

SALES & PURCHASING
Untuk proses Purchasing pada bisnis jual beli mobil secara umum adalah standard sehingga tidak terlalu banyak memerlukan kustomisasi. Sedangkan untuk sales, ada beberapa yang harus di cermati karena penjualan mobil umumnya ada beberapa skema penjualan, yaitu penjualan secara cash ataupun secara leasing (melalui bank atau perusahaan financing).

TRANSAKSI

Inventory Move
Dengan adanya beberapa warehouse / tempat penyimpanan barang, maka anda harus merawat kondisi stok barang di masing masing warehouse, untuk memindahkan stok barang dari suatu warehouse ke warehouse yang lain anda dapat menggunakan transaksi Inventory Move.


MARKETING
Dalam hal Sales & Marketing, dalam bisnis mobil penjualan tidaklah seperti usaha retail dimana customer datang dan langsung membeli barang. Akan tetapi, proses penjualan umumnya diawali dengan contact dengan lead (calon customer) yang didapat dari proses Caimpaign, atau dari calon customer yang datang ke showroom (untuk melihat lihat) dari pameran dan lain lain. Proses ini kemudian diikuti dengan follow up oleh staff marketing, pertemuan / test drive, negosiasi harga, hingga akhirnya terjadi Proses Sales.

PAYMENT
Ada beberapa hal yang perlu dicermati dalah hal payment, dimana dalam bisnis mobil ada beberapa skema pembayaran, diantaranya:
- Sistem Inden
- Pembayaran bertahap
- Penjualan secara Leasing

Masih banyak hal hal yang perlu dicermati dan perlu ditambah/dikurangi sehingga ADempier bisa menjadi sistem yang benar benar pas untuk usaha jual/beli mobil serta mampu meningkatkan effisiensi operasional maupun meningkatkan penjualan.


Agung B Santosa
========================
Anda tertarik untuk mengimplementasikan ADempiere untuk usaha mobil anda?
** Untuk informasi ERP training silahkan kontak: training@alphamedia.co.id


Joint FB Forum: ADempiere Indonesia & IDempiere Indonesia Study group

1 comment:

Renungan said...

Pak Agung YTH, bagaimana dengan impplementasi adempiere pada dealer mobil bekas? Dimana dalam hal ini sangat berbeda dengan mobil baru. Beberapa kasus dalam jual beli mobil bekas diantaranya.

1. Dalam pembelian mobil bekas seringkali terjadi terjadi penambahan cost selain dari harga pembelian mobil, seperti perbaikan, cat ulang, perpanjangan STNK, komisi calo dlsb. Ketika memakai software lain biaya-biaya perbaikan tidak bisa masuk sebagai unsur HPP (COGS), tetapi lari ke expense. Sementara pemodal seringkali ingin tahu laba bersih dari penjualan masing-masing mobil bekas tsb.

2. Pembelian over kredit. Bila terjadi mobil tersebut terjual lebih dari satu bulan, maka ada penambahan cost cicilan.

Mohon sarannya.