Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Friday, May 15, 2009

Implementasi

I M P L E M E N T A S I E R P
Setelah seorang user berhasil menginstall software Compiere atau ADempiere, maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mulai melakukan implementasi.

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mulai melakukan implementasi sebuah aplikasi ERP & CRM systems seperti Compiere atau ADempiere, mulai dari sisi infrastruktur (hardware, jaringan, koneksi dll), Konfigurasi sistem, memetakan business process, melakukan customisasi, sampai dengan persiapan (export/import) data dan lain sebagainya.
Satu hal yang harus diingat adalah bahwa tiap jenis bisnis adalah unik. Sehingga hampir setiap implementasi akan memerlukan customization. Sehingga Aturan yang pertama adalah:
“Untuk melakukan implementasi kita harus siap untuk melakukan kustomisasi” . Customise bisa yang ringan berupa customize report hingga customize kelase berat yang harus dilakukan melalui source code .

Implementasi ERP di suatu perusahaan, bisa dimulai secara sederhana (Best Practice) terlebuh dahulu maupun secara Full/lengkap dan detil.
“Bagi yang baru belajar, akan sangat bijaksana apabila memulai implementasi secara “Best Practice” terlebih dahulu”. Hal ini disamping untuk menghindari kesalahan dan kendala yang mungkin terjadi apabil langsung memulai implementasi secara lengkap dan detil, biasanya proses implementasi bisa seiring dengan proses belajar baik user maupun adminnya.

Keberhasilan implementasi tidak hanya karena faktor software ERP yang akan digunakan akan tetapi juga kondisi dilapangan, konfigurasi sistem, dan metode implementasi.
“Kenali bisnis proses perusahaan yang akan melakukan implementasi ERP”. Lebih lanjut anda juga perlu mengenali masalah masalah yang dihadapi dilapangan yang berhubungan dengan bisnis proses.

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah merancang sebuah solusi dengan menggunakan software ERP yang anda gunakan. Implementasi sebuah Software ERP tidaklah cukup tanpa menghadirkan sebuah solusi bagi masalah masalah dari operasional bisnis sebelum menggunakan sistem ERP. "Sehinga jadikan proses implementasi ERP sebuah solusi bagi seluruh proses bisnis didalam perusahaan".

Salah satu kunci keberhasilan implementasi adalah kesiapan SDM, sehingga peran training bagi user mejadi sangat penting. Buatlah manual / tutorial prosedur langkah demi langkah yang berguna memandu dalam menguasai sistem secara baik dalam waktu yang singkat cepat. Apabila anda tidak punya waktu untuk membuat manual sendiri, anda dapat membeli buku yang dirasa baik untuk medukung kebutuhan anda atau anda dapat mencari di internet / download .

Setelah anda berhasil melakukan implementasi pada perusahaan, jangan hanya berhenti sampai disitu karena “proses bisnis umumnya terus berkembang sehingga memerlukan peningkatan dan evaluasi secara terus menerus”.
Implementasi ERP harus dilanjutkan dengan proses evaluasi dan diikuti dengan perbaikan dan peningkatan untuk meningkatkan kinerja sistem secara terus menerus.
Tidak ada proses implementasi ERP yang berhenti pada suatu titik, karena implementasi ERP adalah sebuah proses yang berkesinambungan mengikuti dinamika dan perkembangan bisnis perusahaan.
by: agung_bs@yahoo.com / Compiereguide.blogspot.com
===================

3 comments:

Agus said...

Salam kenal pak Agung
Saya berniat implementasi Openbravo ERP pada satu perusahaan, secara tehnis bisa saya atasi, tetapi setelah sampai pada pembuatan PO dan Receivednya dan lain-lainnya saya sangat kesulitan cara pengoperasiannya. terlebih Openbravo ini untuk menggantikan aplikasi lama yang under dos.
Semoga pak Agung bisa memberikan saran. Terimakasih.

Agung B Santosa said...

Pak Agus,

Anda bisa mempelajari operasional Openbravo bisa dari buku ataupun mengikuti kursus, namun untuk dapat mengimplementasikan ERP secara baik akan lebih baik apabila anda dibantu oleh konstultan yang dapat melakukan implementasi secara baik dan benar sesuai kebutuhan perusahaan anda dan dengan business process yang benar.
semoga membantu
Agung B Santosa

Camera.co.id Toko Kamera Murah di Indonesia said...

terima kasih pak atas tulisan yang ada di atas, sangat menarik dan enak di baca.