Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, May 3, 2010

ADempiere ERP for Mining Company

ADempiere ERP untuk Perusahaan Pertambangan

Pada versi saat ini ADempiere belum mendukung Process Manufacturing sepertihalnya pada perusahaan pertambangan, akan tetapi ini bukan berarti ADempiere tidak mampu di implementasikan di perusahaan pertambangan, ini dibuktikan dengan suksesnya implementasi Adempiere di salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia.

Didalam dunia manufaktur dikenal 2 macam proses produksi untuk di akomodir oleh aplikasi ERP, yang pertama adalah Discrete Manufacturing, dan yang ke dua adalah Process Manufacturing.

Apa bedanya Disctete manufacturing dan Process Manufacturing?

Discrete Manufacturing
adalah suatu process produksi yang sifatnya mengerucut, sebagai contoh kita akan meninjau struktur BOM dan proses pembuatan satu set furniture untuk taman. Untuk membuat sebuah kursi kayu akan diperlukan satu buah papan, 4 batang kayu, 2 buah kayu jari jari dan beberapa paku.


Dan untuk membuat satu set furniture taman, akan diperlukan 4 buah kursi kayu ditambah satu Meja dan Payung taman. Komponen komponen yang menyusun bagian dari produk tersebut di atur didalam sebuah BOM (Bill Of Material). Dimana inti dari proses ini adalah dari beberapa komponen akan menghasilkan 1 buah produk / Finish goods.


Sedangkan untuk Process manufacturing adalah berkebalikan dengan discrete manufacturing, sebagai contoh kita akan meninjau proses produksi perusahaan minyak tambang. Dari bahan satu bahan dasar yaitu minyak mentah / crude oil bisa diolah menjadi aspal, minyak tanah, bensin, solar, aftur dan lain sebagainya. Dimana inti dari proses ini adalah dari satu bahan dasar / raw material bisa menghasilkan banyak produk / Finisih goods.


ADempiere ERP termasuk yang mendukung jenis yang pertama yaitu Discrete Manufacturing.
Hal ini ditunjukkan dari proses management produksinya serta struktur BOM yang di dukung. Selain itu apabila kita masuk kedalam Menu Manufacturing Management, maka dibawah Production Management hanya kita jumpai Discrete Manufacturing dan untuk release saat ini kita belum menjumpai Process Manfucaturing.

Pertanyaannya: Apakah ADempiere ERP dapat digunakan untuk Process Manufacturing/Perusahaan Pertambangan?

Pengguna ADempiere bisa merasa lega, karena meskipun belum sepenuhnya mendukung Process Manufacturing namun bukan berarti ADempiere ERP tidak dapat digunakan di perusahaan pertambangan. Karena selain proses produksinya, semua fungsi yang lain sebetulnya adalah sama. Selanjutnya Proses transaksi Adempiere yang betul betul “open” dan fleksibel membuat Adempiere bisa sedikit “di main mainkan” sehingga akhirnya dapat mengakomodasi proses produksi perusahaan pertambangan.
Hal ini sudah dibuktikan dengan suksesnya implementasi di salah satu perusahaan tambang yaitu “BM” mining yang berlokasi di Sulawesi Selatan. BM Mining yang merupakan perusahaan tambang batu granit, group salah satu kelompok usaha terkemuka di Indonesia ini telah berhasil go-live dengan adempiere ERP.
Proses produksi BM mining diawali dengan melakukan eksplorasi tambang batu granit untuk kemudian diproses menjadi berbagai macam batu dan pasir untuk berbagai keperluan mulai dari bahan kontsturksi bangunan hingga bahan baku pembuatan semen. Proses produksinya dapat digambarkan seperti gambar berikut:

Blasting -> batu granit (raw) -> Crashing -> FG1 , FG2 , FG3 , FG4, dll

Dengan dapat terakomodirnya proses produksi tersebut kedalam sistem Adempiere, maka bisa dikatakan hampir semua kebutuhan proses management dan akuntansi perusahaan tambang BM mining bisa di akomodasi oleh Adempiere. Sehingga saya sangat yakin untuk perusahaan tambang bidang yang lain seperti tambang batu bara, tambang minyak, tambang tembaga, emas dan lain lain juga dapat di akomodasi oleh ADempiere.


Jadi, kita tunggu perusahaan tambang selanjutnya ingin mencoba kehebatan Adempiere…..

Foto: Saya (ke 3 dari kanan) Foto bareng dengan 2 staff akuntansi BM Mining & member lain usai session training.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA

Salam,
Agung BS
============
Join Komunitas Adempiere Indonesia / Idempiere Indonesia di FB Group: Adempiere iDempiere Study Group Indonesia 
**Untuk Informasi ERP Training silahkan kontak: training@alphamedia.co.id

18 comments:

Anonymous said...

bisa cerita detail proses di adepmierenya pak?

silvia said...

bapak, saya mahasiswi dari Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Pada mata kuliah project saya dan teman-teman sekolompok mendapat bagian untuk membahas Account Receivable dan Managing Direct Sales. Kelompok saya mengalami kesulitan. Apakah bapak dapat menjelaskan mengenai payment allocation, Unveiling POS Order transaction workflow ? Penjelasan bapak akan sangat membantu kami. Terimkasih.

Agung B Santosa said...

@silvia: payment allocatioan adalah alokasi pembayaran (misal dari cek tertentu ke SO tertentu), POS order adalah pembelian langsung (seperti di super market), transaction workflow adalah alur transaksi, informasi lebih detil bisa dilihat dibuku saya "Panduan Belajar COmpiere"

silvia said...

saya bertanya lagi pak.
Pembayaran untuk penjualan ada yang secara langsung dan rekening. Betul tidak pak ? Pada direct sales, pembayaran dilakukan secara cash (langsung). Ada hal yang membuat saya bingung. Keterangan yang saya baca pada pdf adempiere, pada bagian direct sales ada “transfer to rekening”. Apakah peryataan tersebut maksudnya adalah pendapatan pada direct sales akan ditransfer ke bank yag menjadi bisnis partner perusahaan ? Semoga jawaban yang bapak berikan dapat membantu kami. Terima kasih.

Agung B Santosa said...

@Silvia: PDF Adempiere yang mana ya?
Untuk pembayaran Cash khan bisa dilakukan secara langsung (dalam bentuk uang) yang nantinya masuk ke buku kas. Atau bisa juga masuk ke rekening, sebagai contoh pembayaran via kartu Debit (misal Debit BCA), kartu kredit, dan lain lain.

silvia said...

apakah yang dimasukkan ke rekening tercantum juga pada buku kas ?? bagaimana ADempiere mengatasi mengenai kasus banyak pesanan dalam satu faktur ?? terima kasih pak ..

casino PayPal said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Pak Agung saya ingin bertanya kl aplikasi ERP untuk perusahaan manufacturing food and beverages yang bapak rekomendasikan apa?

Agung B Santosa said...

Untuk perusahaan Food & Baverages yang dimaksud apakah produksi (pembuatan makanan dan minuman), atau penjualan? kalau untuk penjualan seperti halnya ada restoran dll saya menyarankan menggunakan openbravo, akan tetapi kalau sifatnya produksi, anda bisa menggunakan adempiere maupun openbravo ,
Salam,
Agung

Nasleem said...

Pak Agung, saya sangat tertarik mempelajari Adempiere... apakah ada rencana pelatihan di Batam, kalo ada minta tolong kabari saya di nasleem_mdr@yahoo.com, terima kasih

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia said...

Saya sangat terkesan banget dengan blog alphamedia, lengkap ulasanya dan bagus isinya.ijin belajar ya pak

Lowongan Kerja Terbaru said...

Blogwalking, dan kebagian ilmu ERP untuk mining company, serta proses manufacturing. Terima kasih untuk post-nya pak. Salam

Alat Berat said...

Wah ternyata ada yang mau bagi ilmu soal ini juga, salam hangat pak, terima kasih post nya :)

Agung B Santosa said...

@ all
Thanks sudah mampir..

wahyu kamal said...

trimakasih atas infonya gan. http://kerjadijatim.blogspot.com/
sangat bermanfaat http://kerjadijatim.blogspot.com/
http://kerjadijatim.blogspot.com/

klikgaul.com portal berita artis, k-pop, zodiak, love paling keren dan update said...

terima kasih atas tulisannya yg menarik....

Mazruci said...

Izin nyimak and melajarin dulu gan...

Thanks

Mazruci, Owner of Butiknya Bunda | Tas Wanita Murah dan Bagus | Tas Lukis Import | Tas Lukis Murah Meriah

Haru said...

terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini IT GUNADARMA