Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Wednesday, October 22, 2008

Mari Belajar (Opensource) ERP

Mari Belajar (Opensource) ERP

"Apa itu ERP? apakah sejenis makanan atau tumbuh tumbuhan?" begitu seloroh Pak Johan, salah satu staf pengajar UKSW ketika memberikan sambutan pembukaan acara Kuliah Umum ERP Compiere pada tanggal 22-October-2008 lalu di Resital Hall UKSW. Hal ini memang sengaja dilontarkan karena pada kenyataannya masih banyak mahasiswa (bahkan mahasiswa Fakultas IT sekalipun) yang belum mengetahui secara jelas apa itu ERP.

Hal ini cukup wajar mengingat ERP saat ini belum begitu populer di indonesia, hal ini dikarenakan masih sedikit nya perusahaan yang memanfaatkan teknologi ERP, salah satu faktornya adalah harga sistem ERP yang cukup mahal, dan faktor yang lain adalah masih sedikitnya ketersediaan SDM IT yang menekuni bidang ERP.

Pada kuliah umum ini saya menyampaikan bagaimana Compiere sebagai ERP berbasis Opensource bisa menjadi media belajar yang baik untuk mahasiswa, untuk nantinya bisa diterapkan ke dunia industri di indonesia (yang sebagian besar adalah level UKM). Memang berat apabila kita melihat kenyataan bahwa masih banyak perusahaan level UKM yang belum computerize (boro boro computerize, bahkan ada yang belum mengenal komputer), untuk itu dibutuhkan trik dan langkah khusus serta dibutuhkan semangat untuk memajukan dunia IT di negri kita tercinta ini. Dan ini saya rasa adalah tugas kita sebagai pelaku dunia IT di Indonesia.

Dengan memperkenalkan ERP Opensource khususnya Compiere, saya berharap mahasiswa kita lebih tertarik kepada bidang ERP, dan kedepannya banyak ditemukan para expert dibidang ERP yang sanggup untuk mendorong komputerisasi dunia bisnis di Indonesia. Semoga!


Gambar:
Seorang mahasiswi menerima hadiah buku: "Panduan Belajar Compiere"

Berdiri di belakang adalah Bp Johan, staff pengajar UKSW.



======================
by: agung_bs@yahoo.com
======================

3 comments:

Anonymous said...

Pak saya juga ikud dalam kuliah umum yang bapak hadiri dan saya sedang membuat artikel tentang kuliah umum erp ini. pemaparan yang cukup hebat terlihat dari berberapa mahasiswa yang jadi lebih semangat dalam matakuliah yang berhubungan dengan erp


(minta ijin buat ambil photonya juga yah pak)

Agung B Santosa said...

Semoga saja semakin banyak yang berminat dibidang ERP, sehingga dunia IT kita semakin berkembang dan negara kita semakin maju, amien.

Salam,
Agung

ebest said...

Assalamu'alaikum
Dear Pak Agung
Salam kenal pak..
Setelah cukup lama mencari2 info dan tutorial tentang OSS ERP, akhirnya sy menemui informasi yg luar biasa dlm blog ini. Salut utk bapak. Semoga ilmu bapak semakin ditambahkan oleh Allah SWT Amiin.
Apakah ada jadwal training utk jakarta dlm waktu dekat ini, mohon infonya.
Terimkasih atas sharing pengetahuannya
Wassalam