Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Saturday, August 29, 2015

ADempiere Accounting - Multi Company ( Multi Cabang / Banyak Anak Perusahaan )

Apapun kegiatan bisnis anda, pada Akhirnya anda akan selalu ingin mengetahui satu hal yang sama, yaitu ‘Berapa banyak keuntungan yang telah anda hasilkan’. Jumlah ini hasilnya bisa berbeda berdasar pada Accounting Rules (aturan akuntansi) yang anda gunakan. Salah Satu kelebihan Akuntnsi ERP adalah kemampuannya dalam mengelola akuntansi untuk Multi Company, sehingga bila perusahaan anda memiliki banyak cabang, atau banyak anak perusahaan, ADempiere dapat membukukan transasikan berdasarkan perusahaan / cabang dan menyajikan laporan akuntansi  / keuangan konsolidasi secara otomatis untuk semua cabang / anak perusahaan dalam sekali klik

Accounting Schema
Untuk mendukung fungi Multi Company, Didalam Adempiere Accounting Schema mendefinisikan elemen elemen yang menyusun Kombinasi Account tersebut untuk digunakan pada transaksi yang dialamnya mengandung elemen "Organisasi" yang merupakan kode apakah itu Cabang atau Anak Perusahaan. Secara opsional anda juga dapat mendefinisikan Business_Partner, Produk, Caimpaign, Proyek dan lain lain. Sebagai contoh, jika suatu Account Schema mendefinisikan Produk dan Business_Partner sebagai elemen elemen opsional suatu Account contoh kombinasi akan menjadi 01-1200-2000-Brown.

• ‘ 01’ adalah Organisasi HQ (Head Quarter/Kantor Pusat)
• ‘ 1200’ adalah Account Payable (Hutang Dagang) Account_Element
• ‘ 2000’ adalah Produk Flower
• ‘ Brown’ adalah Business_Partner Joe Brown Inc.
Description yang ditampilkan untuk kombinasi Account ini akan seperti: HQPAYABLES_FLOWER_JOE_BROWN Inc.

Anda tidak perlu cemas akan elemen elemen apa untuk dimasukkan bersama dengan tiap tiap transaksi karena Adempiere akan menghasilkan semua transaksi akuntansi untuk anda secara otomatis dimana Element Values (nilai elemen) diperoleh/diturunkan dari transaksi atau dokumen.

GL Parameter
Masing-Masing Accounting Schema mendefinisikan beberapa parameter untuk memproses General Ledger. Ini meliputi jenis dari penanganan kesalahan(error handling) dan metoda penyeimbangan mata uang yang digunakan. Sebagai tambahan, Account untuk Retained-Earnings dan Inter-Company (Akun Untuk transaksi antar Cabang / Anak Perusahaan ) juga didefinisikan.

Default Account
Selanjutnya, Accounting Schema mendefinisikan Account default yang digunakan oleh sistem untuk menghasilkan transaksi (misal akuntansi untuk Invoice AR). Account ini digunakan sebagai nilai default untuk Business Partners, Product, Warehouse (Gudang), Project, Bank, Tax (Pajak) Dan Cash Book (Buku Kas). Ini semua bisa di ditimpa/overwrite di tingkat individu tetapi dengan mempunyai default tersebut memastikan bahwa tiap-tiap transaksi diposting dengan baik. Sasarannya adalah untuk menghasilkan semua masukan transaksi akuntansi. Sebagai konsekwensi, semua Account perlu didefinisikan terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika anda menjual suatu produk, Account pendapatan harus mendefinisikan bahwa produk tersebut digunakan. Sehingga anda cukup mendefinisikan Account satu kali dan kemudian anda tidak perlu memikirkan konsekwensi-konsekwensi akuntansi ketika memasukkan dokumen.

Calendar Year And Period
Berbeda dengan paket akuntansi pada umumnya, Adempiere tidak meliputi suatu Calendar di dalam Accounting Schema nya. Calendar di dalam Adempiere digunakan untuk kontrol dan tujuan pelaporan/reporting saja.

Posting
Di dalam Adempiere, Posting dapat dilakukan ketika suatu dokumen diproses atau bisa dilakukan dengan mode ‘batch’ ketika aplikasi server dijalankan. Dengan arsitektur Adempiere yang unik ini anda dapat juga me ‘reset’ akuntansi untuk semua atau bagian dari organisasi anda untuk mengakomodasi perubahan yang dibuat kepada default Account atau perubahan akuntansi yang dibuat bagi suatu organisasi. Anda dapat juga re-submit (menyampaikan kembali) suatu Posting jika suatu kesalahan seperti suatu periode akuntansi sudah closed(ditutup) yang menyebabkan posting tersebut gagal.

Laporan Akuntansi / Financial Report
Adempiere menyediakan beberapa laporan yang "Ready to use" seperti "Trial balance". "Accounting fact report" dan lain lain, serta menyediakan sebuah Report Tools untuk membuat laporan yang sangat powerful yaitu "Financial Reports". Dengan Financial report ini anda dapat dengan leluasa membuat laporan laporan akuntansi sesuai kebutuhan anda seperti neraca saldo, mutasi kas dan bank, laporan rugi / laba, laporan trial balance dan lain lain.

Untuk membuat sebuah laporan baru dengan menggunakan fitur "Financial Reports" tidaklah sulit, dimana fitur ini menggunakan analogi seperti halnya spreadheet seperti MS Excel, OpenOffice dan lain lain dimana nilai terdiri dari nilai baris dan kolom. Report Line Set, digunakan untuk menentukan nilai dari baris yang anda perlukan misalnya berisi account account yang ingin anda tampilkan, sedangkan Report Column Set berisi kolom jenis nilai transaksi yang ingin anda tampilkan misalnya berula balance/saldo, debit, kredit dan lain lain.

Untuk membuka windows Financial Reports anda bisa masuk ke menu Performance Analysis > Financial reports 

Berikut ini adalah beberapa contoh Laporan akuntansi untuk multi Company, dalam format Laporan akuntansi / keuangan konsolidasi dimana tiap kolom menyajikan nilai per cabang/anak perusahaan serta jumlah total semua cabang/anak perusahaan di kolom terakhir.

Laporan Keuangan  Profit & Loss konsolidasi




Laporan Keuangan Trial Balance Konsolidasi


Laporan Neraca Konsolidasi



Form Pajak
Untuk Form Laporan Pajak bisa di susun menggunakan Jasper report, dalam format Anak Perusahaan /  NPWP masing masing   sebagai contoh adalah laporan Faktur Pajak berikut. 

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ADEMPIERE INDONESIA . 
Salam ERP

Agung BS
agung_bs@yahoo.com
Jakarta - Indonesia 
==================
 Join Komunitas Adempiere Indonesia / Idempiere Indonesia di FB Group: Adempiere iDempiere Study Group Indonesia
Seiring dengan meningkatnya lowongan kerja dan permintaan tenaga profesional akuntansi yang menguasai ERP Accounting khususnya ADempiere, Alphamedia menyelenggarakan kelas training ADempiere Accounting.
Bagi yang ingin Belajar ERP khususnya Adempiere, Untuk Informasi ERP Training / Adempiere Training silahkan kontak: training@alphamedia.co.id


No comments: