Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Friday, August 21, 2015

iDempiere ERP

Mengenal iDempiere ERP

iDempiere Business Suite ERP merupakan salah satu perangkat lunak "Enterprise Resource Planning (ERP)" berbasis Opensource yang merupakan turunan dari Adempiere dengan  ditambah arsitekur baru menggunakan teknologi OSGI. Oleh karena itu iDempiere ERP juga dikenal sebagai "Adempiere ERP + OSGI". iDempiere Business Suite juga memiliki fungsi-fungsi “Customer Relationship Management (CRM)” dan “Supply Chain Management (SCM)” disamping semua fungsi-fungsi yang wajib dimiliki oleh  sebuah aplikasi ERP Modern.

Seperti halnya pendahulunya (Adempiere dan Compiere) iDempiere Business Suite dapat di konfigurasi, diimplementasikan   serta disesuaikan secara tepat pada suatu  proses bisnis dan dapat bekerja dengan baik menangani kasus kasus diluar proses bisnis baku terutama untuk Small Medium Business / Usaha Kecil Menengah (UKM).  Fitur fitur tambahan dapat di install dalam bentuk plugin sehingga kita tidak harus menginstall semuanya untuk bisa mendapatkan sistem yang ramping sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan pengguna.

Komunitas iDempiere ERP saat ini merupakan salah satu forum yang paling aktif untuk  komunitas opensource ERP. Untuk mendapatkan software ERP iDempiere bisa di download gratis di http://www.idempiere.org/download sedangkan untuk source code nya bisa di download di : https://bitbucket.org/idempiere/idempiere

Sejarah dari iDempiere bermula ketika pada tahun 2000 project Compiere ERP yang dibuat oleh sebuah perusahaan Amerika bernama Compiere Inc yang dimotori oleh Jorg Jankee menjadi software ERP pertama yang berbasis Opensource. Namun pada perkembanganya Compiere berkembang menjadi aplikasi yang berbayar (meskipun masih menyediakan versi community yang free), hal ini mendorong komunitas Compiere (pada waktu itu) untuk membuat turunan dari kode sumber yang ada dan diberi nama Adempiere. Adempiere menjadi salah satu project ERP Opensource yang paling aktif hingga sekarang. Berawal dari perbedaan pendapat antara beberapa developer Adempiere, akhirnya sebagian developer Adempiere memilih mengembangkan project baru yang diberi nama iDempiere, dimana project ini awalnya merupakan Project yang diprakarsai Low Heng Sin dan kemudian didukung oleh Carlos Ruiz, Redhuan On serta diikuti oleh para developer dan kontributor Adempiere yang lain. Setelah kurang lebih 4 tahun pengembangan project ini membawa iDempiere sampai pada tingkat stabil dan dapat digunakan pada tingkat production.
Saat ini iDempiere sudah sampai pada versi 2.1 dan sedang berencana merilis versi 3.0

Salam,

Agung BS.
IDempiere Indonesia User
www.alphamedia.co.id

No comments: