Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Thursday, April 17, 2008

Compiere VS Other OSS ERP

by: agung_bs@yahoo.com

Setelah kemunculan Compiere sebagai software ERP berbasis Opensource, kini semakin banyak software ERP Opensource lain yang bermunculan, dan dari waktu ke waktu performanya juga semakin baik. Beberapa ERP Opensource selain Compiere diantaranya adalah: Adempiere, Openbravo (ketiganya sebenarnya mirip karena berasal dari Compiere), Opentaps, TinyERP, Web ERP dan ERP5. Dari sekian banyak ERP Opensource tersebut, yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda? dan bagaimana posisi compiere dibanding yang lainnya?.

Compiere yang dikembangkan dengan teknologi Java ini merupakan Opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan databse Oracle dan Enterprise DB, dapat berjalan di platform Linux/Unix, maupun window$. Saat ini Compiere sudah sampai pada versi 3.0 dimana compiere menerapkan lisensi yang berbeda dengan versi versi sebelumnya, Compiere 3 memiliki 3 macam lisensi yang berbeda yaitu:
Compiere Community Edition, didistribusikan dibawah lisensi GPL Opensource sehingga bisa digunakan secara gratis. Perbedaan Community Edition dibanding dengan yang lain adalah tidak memiliki migration tools serta tidak disupport oleh Compiere, Inc.
Compiere Standard Edition, didistribusikan dibawah lisensi GPL Opensource dan lisensi ini di backup dengan quality support, termasuk akses ke Compiere Technical support services, migration tools dan Service Pack releases.
Compiere Professional Edition, diperuntukkan bagi perusahaan menengah keatas yang memerlukan fungsionalitas system terbaik, dan di di support oleh Compiere, Inc atau Compiere Authorize Partner. Compiere Professional Edition memiliki kelebihan arsitektur berbasis web (interactive web architecture) yang memungkinkan anda mengakses Compiere melalui web.
Comunitas Compiere di indonesia ada di milis indocompiere@yahoogroups.com sedangkan artikel dalam bahasa indonesia diantaranya dapat di buka di http://compiereguide.blogspot.com/



Compiere Vs TinyERP(http://www.tinyerp.org/)
Dibandingkan dengan compiere, TinyERP merupakan OSS ERP yang lebih simple dan mudah dipelajari, menggunakan database postgreSQL. Sama sama dapat berjalan di platform Linux maupun Window$. Tiny ERP modul modulnya cukup standard (seperti ERP kebanyakan/tempo dulu) sehingga untuk yang sudah biasa menggunakan aplikasi ERP lain akan dapat dengan mudah beradaptasi.
Instalasi TinyERP sangat mudah, apabila anda mempunyai PC yang sudah terinstall RedHat/ Fedora Core4 (atau clone Redhat yang lain) dan tersambung ke internet, maka tinggal ketik:
# yum install tinyerp
maka TinyERP akan segera terinstall.
Kelemahan tinyerp yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Phyton ini apabila dibanding Compiere adalah komunitasnya yang masih sangat kecil sehingga, kalau ada masalah agak kelabakan cari support (tentu saja kalau membeli support dari tinyERP langsung akan lain ceritanya).


Compiere VS Adempiere
Adempier merupakan turunan dari Compiere yang dikembangkan oleh komunitas, hal ini muncul karena Compiere dipandang kurang mengakomodir keingininan komunitas. Menggunakan databse postgreSQL maupun Oracle. Saat ini Adempiere sudah sampai pada versi 3.4, dan dengan makin banyaknya modul modul yang ditambahkan oleh contributornya kedalam Adempiere maka saat ini Adempiere sudah mulai berbeda dengan Compiere.
Instalasi Adempiere mirip dengan Compiere (versi 2.61). Kekayaan fitur serta jumlah komunitasnya semakin besar membuat Adempiere diramalkan akan menjadi Produk ERP Unggulan masa depan. Pertanyaan yang sering menggoda para pemakai Adempiere adalah: "Bisakah Adempiere menggungguli kemampuan Compiere (orang tuanya)? (mengingat Compiere juga terus melakukan perbaikan dan peningkatan kemampuan)"


Compiere VS Openbravo

Openbravo merupakan turunan dari Compiere juga, akan tetapi Full Web Base, sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak cabang yang berlainan kota / negara, karena mereka semua dapat mengakses system secara web base. Menggunakan databse PostgreSQL atau Oracle. Dapat berjalan di platform Linux maupun window$.
Saat ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki cabang dibanyak kota namun tidak memiliki bandwidth yang cukup. Di Compiere, Web base UI hanya ada di Profesional edition.
Sehingga Openbravo cocok untuk perusahaan yang membutuhkan Web base UI namun memiliki budget minim, karena Openbravo bisa dipakai secara gratis serta p
rosedur instalasi mirip dengan Compiere.

Compiere VS OpenTaps

OPenTaps merupakan ERP yang sepertinya lebih dikhususkan untuk kebutuhan Web Store, jadi arsitekturnya mempermudah perusahaan yang berjualan di internet. Kelemahan Opentaps adalah, selain komunitasnya masih sangat kecil, serta masih kurang simpel, misalnya dalam pengisian form misalnya untuk menambah produk, terlalu banyak field yang harus diisi, meskipun field tersebut belum tentu digunakan. Dari sisi instalasi, lebih sulit dibanding dengan Compiere. Secara fungsional Compiere juga masih lebih unggul.

Web ERP & ERP5

OSS Web ERP dan ERP5 saya belum sempat mencoba, namun dari websitenya mereka menawarkan Web Base ERP dengan kemampuan:
WebERP: complete web based accounting/ERP, dari keterangan di websitenya fitur fitur WebERP lebih kearah penggunaan Web base Accounting. Merupakan ERP Web base yang cukup populer dan sudah di download sebanyak 80,000 kali download, tentu masih jauh dibawah Compiere yang sudah didownload lebih dari 1,300,000 kali.
ERP5: Merupakan ERP terbaru dan berbasis Web UI, yang menawarkan full featured ERP termasuk customer relationship management (CRM), production management (MRP), supply chain management (SCM), product design management (PDM), accounting, human resources dan e-commerce.

Sekian dulu,
Thank’s & Regards

=========
agung_bs@yahoo.com

Ingin tahu lebih banyak tentang Opensource ERP?, silahkan kunjungi link berikut:
Tiny ERP OpenSource ERP,
ERP5 OpenSOurce ERP (juga),
Core2CRM,
Web Base ERP,
CRM ,
SAP GUI,

13 comments:

Admin said...

Pak Agung salam kenal Pak.
Pak boleh minta masukan pak, kalau untuk toko kelontong atau minimarket dan toko pakaian, kira2 cocok pakai apa Pak.

Kebutuhan utamanya sich untuk POS / Point of Salesnya.

Terimakasih Pak

Agung B Santosa said...

Kalau hanya untuk POS, anda bisa menggunakan OpenBravo POS, dimana bisa di integrasikan dengan OpenBravo ERP (untuk pengembangan/skala yang lebih besar).

Salam,
Agung

satria said...

Dear pak Agung salam kenal, salut utk blog bpk. sangat bermanfaat.
Saya sdg pelajari weberp.Program ini memang lebih cenderung ke accounting. Cukup baik walaupun awalnya agak sulit penggunaannya. Kelemahannya adlh tidak ada pilihan utk menampilkan laporan dlm format excel, padahal ini sangat penting utk pekerjaan seorang accountant. Mohon saran bapak mengenai menu excel report ini dlm weberp tsb.
terimakasih sblmnya
regards

Agung B Santosa said...

Pak Satria,

kebutuhan untuk export ke format Excel memang sesuatu yang dianggap user cukup penting hingga saat ini, karena bisa digunakan untuk keperluan2 internal dan custom yang tidak dicover oleh system.
Apabila tidak ada, tentu saja harus melakukan customize dari sisi program yang mungkin cukup merepotkan.
Saran saya, gunakan ERP yang sudah mendukung export ke format Excel, memiliki dukungan komunitas yang kuat, serta dokumentasi lengkap. Kalau anda menginginkan aplikasi Accounting berbasis Web, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menggunakan Adempiere atau Openbravo.

Agus said...

Salam kenal pak,
saya lebih dari 1 tahun secara nekad menggunakan openbravopos untuk supermarket 10 workstation dengan 1 database terpusat diserver, semua berjalan lancar, kecuali customize dan beberapa celah yang bisa diakali kasir, ini yang masih menjadi hambatan saya untuk lebih jauh melangkah, kira-kira pak Agung ada saran.
Terimakasih Pak

Ika Diah said...

Pak saya farid ini saya mendapat tugas kuliah untuk menyeleksi opensource erp untuk perusahaan retail,tolong dijelaskan juga alasan dan kriterianya open source erp terbaik,,terima kasih,,

Agung B Santosa said...

@ika diah /Farid: hehe.. sebenernya yang dapat tugas anda tau saya ya..? masing masing ERP punya kelebihan dan kekurangan masing masing, silahkan anda nilai sendiri, anda bisa baca dari tulisan2 dan ulasan saya di blog ini.

Salam
Agung

Anonymous said...

Hello pak agung,

Mau tanya nih, saya sulit sekali mencari ERP opensource yang dapat menangani busines proses secara proses manufacture (bukan discreate), kira2 dari ERP opensource yang ada mana yang cocok? mohon informasi dan bantuannya...

salam,
roland

Click2Pay casinos said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Beinz said...

Salam Kenal Pak Agung,

Secara saat ini sedang memilih antara mengunakan openERP (odoo) atau Adempiere (atau idempiere). Saya bermaksud untuk mengaplikasikan di usaha retail saya di bidang material bangunan yang ada di 3 kota terpisah. Kendala saya adalah

Secara pribadi saya lebih menyukai odoo karena simple dan mudah di gunakan, namun membaca beberapa review yang menyebutkan bahwa Adempiere adalah ERP yang dipersiapkan secara lebih matang (robust) dari segi akutansi. Mohon di bantu masukan untuk kelemahan dari odoo dan adempiere dari segi akutansi dan scalability untuk ke depan.

Terima Kasih

Agung B Santosa said...

Salam kenal kembali,
OpenERP / Odoo bagus kok, apabila anda memang merasa lebih cocok dengan odoo saya rasa tidak ada masalah. Memang kalau dari sisi akuntansi keluarga Compiere (Compiere, Adempiere, dan Openbravo) cukup sulit dicarikan tandingannya (yang Opensource), mengingat akuntansi compiere merupakan turunan dari Oracle Finance (sebagai salah satu software akuntansi terbaik didunia saat ini). Namun pertanyaannya apakah untuk retail material bangunan memerlukan akuntansi yang sangat advance?? saya rasa tidak, sehingga menggunakan odoo pun sudah cukup.

Salam,
Agung BS

Beinz said...

Dear Pak Agung, Terima Kasih banyak atas masukannya. Saya akan coba untuk implementasi Odoo, moga moga berjalan lancar. Thanks again.

Agung B Santosa said...

Ya mas,
yang perlu di pastikan adalah kesiapan dan supportnnya, kalau adempiere karena sudah cukup lama dan sudah cukup banyak yang menggunakan, biasanya kalau ada masalah banyak yang bisa bantu dan kasih masukan. Sedangkan odoo meskipun forum cukup aktif referensi implementasi belum sebanyak adempiere. sehingga perlu dipelakari dengan baik, (bila perlu coba ikuti salah satu training odoo) dan kenali juga komunitasnya supaya sewaktu waktu kalau ada masalah ada yang bisa membantu. Tentu hal ini tidak wajib dilakukan bila anda membeli supoortnya odoo :)

Salam,