Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, April 14, 2008

Pricing (Penetapan Harga) di Compiere

by: agung_bs@yahoo.com


Di dalam Compiere penetapan harga untuk Customer dan Vendor anda ditentukan dengan menggunakan Price List (Daftar Harga). Compiere mengijinkan anda untuk membuat sebanyak mungkin Daftar Harga sesuai yang anda perlukan. Suatu Daftar Harga diperlukan baik untuk proses pembelian atau penjualan. Dengan menggunakan Daftar Harga anda dapat mengendalikan apa yang anda jual dan kepada Customer yang mana dan harga yang harus dikenakan. Ada suatu yang Daftar Harga default yang dapat ditimpa/overwrite.

Daftar Harga dibuat menggunakan suatu skema diskon. Daftar Harga boleh berbagi Skema diskon atau mereka mungkin punya suatu skema tersendiri. Discount Schemes (Pengaturan diskon) mengijinkan anda untuk menggambarkan persentase diskon dan surcharges. Setelah kalkulasi (standard) price, persentase diskon dihitung dan diberlakukan bagi format harga akhir.

Business Partner menentukan Daftar Harga, dan Daftar Harga menentukan harga. Daftar Harga dasar yang di rekomendasikan adalah Daftar Harga Pembelian (Purchase Pricelist) dan Daftar Harga Penjualan (Sales Pricelist).

Masing-Masing Daftar Harga menyediakan jenis harga berikut: List price (Daftar Harga), Standard Price (Harga standar) dan limit price (Harga Batas).

Daftar Harga yang digunakan untuk Customer yang menerima diskon. Untuk jenis harga ini, tersedia checkbox yang dapat digunakan untuk mencetak diskon pada invoice ( faktur) atau order/ pesanan.

Harga Standard adalah harga default yang mana ditampilkan untuk produk.

Limit Price (Batas Harga) mempunyai suatu batas dan mengeluarkan suatu peringatan jika suatu harga di bawah batas itu dimasukkan. Harga Batas dapat digunakan untuk mengecek biaya-biaya pembelian akhir anda setelah diskon, rabat, dan lain lain

Price List discount type (jenis diskon Daftar Harga) menentukan bagaimana Daftar, Standard dan Harga Batas dihitung. Ini menjadi bagian negosiasi dengan Business Partner anda,


5.2. SETUP DAFTAR HARGA
Setup Price List (daftar harga) langkahnya bisa dilihat di workflow diatas.



































Automatic Price List

Process membuat Price List secara otomatis, memiliki prosedur yang cukup kompleks seperti digambarkan pada skema berikut:




Manual Pricelist

Langkah langkah untuk membuat pricelist secara manual adalah sebagai berikut: Buat Price List Buat Price List Version (untuk range tanggal) Di Price List Version : Masukkan Products dan Harga Di Product Masukkan Price List Version dan masukkan harga


=============

Baca Tutorial Selanjutnya -> Purchasing

4 comments:

Anonymous said...

Tanya Pak,
Saya buat product lalu buat price list, lalu coba buat PO tapi kenapa selalu muncul error : "Product is not on Pricelis"

Terima kasih
g0es

Agung B Santosa said...

Ada kemungkinan anda belum memasukkan product yang dimaksud kedalam pricelis.
Jadi pertama yang harus anda lakukan, anda harus men setup Price list. Kemudian ketika anda membuat product anda harus memasukkannya ke dalam price list tersebut.
Product yang tidak termasuk didalam suatu pricelist akan ditolak ketika kita melakukan transaksi seperti PO atau SO.
Jadi silahkan bapak memeriksa Pricelist anda, dan juga memastikan product anda masuk didalam pricelist tersebut.
Semoga membantu
Regards,
Agung

Oz said...

Kalau ada beberapa vendor untuk satu produk, bagaimana cara membuat pricelist-nya ?

Terima kasih.

Agung B Santosa said...

Oz,
anda bisa memiliki beberapa pricelist untuk produk yang sama. Misalnya untuk Vendor A anda menggunakan Pricelist A, dan untuk Vendor B anda menggunakan Pricelist B dan seterusnya.
Semoga membantu