Welcome To www.adempiere.web.id

This blog is in Indonesian Language, to read in English please use google translate
-------------------------------------------------------------------------
Assalamu allaikum Wr Wb
Selamat datang di www.adempiere.web.id, tempat untuk berbagi informasi Komunitas ADempiere Indonesia , serta sharing informasi Software ERP (Enterprise Resource Planning)berbasis Opensource khususnya Adempiere / iDempiere dan OpenBravo. Semoga informasi yang ada di blog ini, bisa bermanfaat.
Wassalam
Agung Budi Santosa
.>>> [ BACK TO HOME ] <<<.

Monday, April 14, 2008

Purchasing in Compiere

by: agung_bs@yahoo.com



Compiere mensupports beberapa fungsi purchasing yang mana termasuk dalam prosedur Procurement.

Anda dapat menghasilan Purchase Order dari sebuah Sales Order dan membuat Invoice(tagihan) atau Receipt (penerimaan) tanpa harus memasukkan kembali semua informasi yang dibutuhkan. Untuk fungsionalitas ini Compiere
menyediakan ‘Create from’ feature.

Perlu dicatat bahwa Purchase Order adalah Opsional (bisa digunakan bisa tidak),



mengingat anda bisa membuat Invoice atau Shipment tanpa membuat Purchase Order. Matching (pencocokan) kepada Purchase Order juga opsional. Matching yang diperlukan adalah Matching antara Shipment dan Invoice. Jika anda menggunakan fitur ‘Create from’, Matching akan dilaksanakan secara otomatis. Jika tidak me 'match' kannya, beberapa transaksi accounting akan tidak dilakukan seperti perpindahan jumlah nilai dari un-invoiced receipts ke invoiced receipts.

Purchase Order adalah suatu dokumen kontrol dalam hal Receipts dan Invoices. Purchase Order tidak selalu diperlukan untuk melakukan Receipts. Tergantung kepada policy perusahaan anda, pembuatan Purchase Orders mungkin saja adalah keharusan (mandatory), akan tetapi didalam Compiere adalah opsional. Aspek penting nya adalah anda dimungkinkan untuk memasukkan Receipt (apakah anda memiliki Purchase Order atau tidak) dan bisnis tetap berlanjut. Mohon dicatat bahwa hanya Products yang dapat dilakukan Receipt.

Anda dapat membuat suatu Vendor Invoice dari Receipt yang anda buat ( Mohon dicatat bahwa Harga Invoice didasarkan pada daftar harga Business Partner)

Juga dimungkinkan untuk melakukan cara sebaliknya dimana Invoice dimasukkan terlebih dahulu (jika anda menerimanya bersama Shipment) dan membuat Receipt dari Invoice tersebut. Ketika memroses Receipt maka Inventory akan diperbahurui sebagaimana mestinya
















====================

Baca Tutorial Selanjutnya -> Material Management

9 comments:

boim said...

Ada bikin buku tak ?

petroleum handbook said...

mas,

compiere ada paket asset maintenance gak yah?
perusahaan kita butuh paket ini yg tentunya lebih murah dari semacam maximo, atau datastream?

My First Blog... said...

masalah yang biasa terjadi dalam purchasing apa saja?

hak-hik-huk said...

pak saya agung mau bertanya,

di adempiere pada pembuatan purchasing requisiton dapat dilakukan dalam dua cara yaitu secara manual dan replanish report. apa perbedaan dari kedua metode tersebut bila dilihat dari bisnis prosesnya dan kapan kita harus menggunakan manual ataupun replanish report tersebut?

thanks

dhietzz said...

saya mahasiswa POLBAN Jurusan Teknik Komputer yang sedang mempelajari ADempiere.

Mau bertanya, mengenai transaksi diatas, setelah melakukan transaksi diatas, apakah akan dimasukkan kedalam suatu laporan???
--Kalo di ADempiere jika ingin membuat laporan baru bagaimana caranya???

-trims-

Agung B Santosa said...

@petroleum handbook: untuk Compiere modul Asset management masuk ke versi Pro yang berbayar, untuk yang free anda bisa coba punya adempiere

@my frirst blog: purchasing biasanya yang paling sedikit masalahnya, masalah yang sering dihadapi adalah ketika kita menggunakan requisition kita tidak bisa mentransfer requistion tsb ke RFQ

Agung B Santosa said...

@hak hik huk: pembelian manual adalah permintaan permintaan yang memang dimaintain secara manual, contoh yg paling mudah seperti alat tulis, tisue, alat sanitary (sabun, pembersih lantai dll)

pembelian melalui replanish adalah permintaan pembelian yang di set secara otomatis, dimana sistem akan meminta pembelian barang ketikan barang sudah mencapai kondisi tertentu, contoh nya adalah persedian bahan baku dengan di set order below minimum stok, maka ketika persedian dibawah minimum stok sistem akan meminta order

Agung B Santosa said...

@diets: dalam rangka memberikan informasi hasil dari transaksi dll, kita memang akan memerlukan report report, untuk membuat report anda bisa menggunakan report tools adempiere, atau menggunakan jasper reports (semacam crystal reports)

rizq.a... said...

selamat pagi/siang/malam
Pa kelompok kami (kelompok 09 JTK-POLBAN) sekarang sedang mempelajari ADempiere, di bidang Landed Cost. saya ingin bertanya " dalam hal landed cost. apabila barang yang dikirim oleh suplier mengalami kerusakan setelah sampai di perusahaan, siapa yang kan menanggung biaya kerusakan tersebut??"